Menu

Mode Gelap
DPRD Barsel Sepakat Kepengurusan Dana Hibah Dikelola pada Dinas Bappeda Ketua Komisi I DPRD Barsel Harapkan Dukcapil Lebih Efektif pada Pemilu Tahun 2023 Mendatang Ingkar Janji, Pemkab HSU Berbalik Arah Tolak Eksekusi Putusan MA Pasar Alabio Jual BBM ke Wadah Jerigen, SPBU PT. Talenta Barito Jaya Disegel Pertamina Orang Ganguan Mental Diamankan Pol PP dan Damkar Kapuas

Barito Selatan · 30 Nov 2021 17:43 WIB ·

Warga Desa Bundar, Barito Selatan, Gelar Ritual Adat Agar Dijauhi dari Berbagai Penyakit


 Warga Desa Bundar, Barito Selatan, Gelar Ritual Adat Agar Dijauhi dari Berbagai Penyakit Perbesar

BUNTOK-Warga Dusun Bambure Raya, Desa Bundar, Kecamatan Dusun Utara,Kabupaten Barito Selatan, Kalimatan Tengah, menggelar ritual adat Ngebur Ngebas Tumpok, Senin (29/11).

Ritual adat yang digelar di Balai Mantawara itu bertujuan agar kampung aman dan terhindar dari segala macam jenis penyakit.

Pak Semes sebagai ketua adat dalam ritual itu mengatakan bahwa ritual adat yang dibuat ini adalah bentuk penghormatan terhadap para leluhur setempat dan adanya keyakinan bahwa semua penghuni kampung dijauhkan dari segala macam marabahaya dan penyakit apa pun.

“Ritual ini memang sudah turun temurun diwariskan oleh nenek moyang dan atau para leluhur suka Dayak Maanyan,” ujar Semes, Selasa (30/11).

Sementara itu, Ewarsa selaku ketua panitia pelaksana mengatakan ritual adat yang digelar tersebut merupakan bentuk penghormatan kepada para leluhur dan nenek moyang suku Dayak Maanyan. Tujuannya agar kampung aman dan terhindar dari berbagai penyakit.

“Ritual adat ini merupakan warisan dari para leluhur dan nenek moyang kita disini sejak dahulu kala. Kita sebagai generasi penerus meyakini bahwa dengan adanya ritual ini maka kampung dan seluruh penghuninya di sini dijauhkan dari berbagai macam penyakit,” jelas Ewarsa, kepada awak media ini.

Ia berharap dengan adanya ritual ini semua dijauhkan dari segala ancaman dan marabahaya serta berbagai macam penyakit.

Selaku ketua panitia, Ewarsa juga mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang turut menyukseskan kegiatan ritual adat ini.

Pantauan awak media, kegiatan ritual adat yang dihadiri oleh sejumlah tokoh masyarakat itu berjalan aman dan penuh hikmat.

Artikel ini telah dibaca 204 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Penetapan KUA PPAS Tahun 2023 Dalam Rapat Paripurna DPRD Barsel

8 Agustus 2022 - 21:20 WIB

DPRD Barsel Sepakat Kepengurusan Dana Hibah Dikelola pada Dinas Bappeda

7 Juli 2022 - 21:27 WIB

Ketua Komisi I DPRD Barsel Harapkan Dukcapil Lebih Efektif pada Pemilu Tahun 2023 Mendatang

7 Juli 2022 - 18:01 WIB

DPRD Barsel Minta Pemkab Perhatikan Penyaluran Dana CSR

6 Juli 2022 - 19:40 WIB

DPRD Barsel Kaji Ulang Tanggapan Pj Bupati Terkait Catatan Fraksi

5 Juli 2022 - 19:39 WIB

DPRD Barsel Setujui 4 Buah Raperda untuk di Bahas

28 Juni 2022 - 19:26 WIB

Trending di Barito Selatan