Menu

Mode Gelap
DPRD Barsel Sepakat Kepengurusan Dana Hibah Dikelola pada Dinas Bappeda Ketua Komisi I DPRD Barsel Harapkan Dukcapil Lebih Efektif pada Pemilu Tahun 2023 Mendatang Ingkar Janji, Pemkab HSU Berbalik Arah Tolak Eksekusi Putusan MA Pasar Alabio Jual BBM ke Wadah Jerigen, SPBU PT. Talenta Barito Jaya Disegel Pertamina Orang Ganguan Mental Diamankan Pol PP dan Damkar Kapuas

Lifestyle · 23 Jan 2023 08:26 WIB ·

Tips Ajari Anak Mandi Sendiri


 Ilustrasi anak mandi PTR Foto: Shutterstock Perbesar

Ilustrasi anak mandi PTR Foto: Shutterstock

Adalah hal yang wajar jika seorang ibu begitu telaten dan selalu memastikan anak terjaga dan terawat dengan baik. Mulai dari menyediakan makanan yang sehat hingga memastikan si kecil tetap bersih. Namun, seiring bertambahnya usia anak, ibu tentu ingin anaknya bisa lebih mandiri. Secara bertahap, ibu perlu mengajari anaknya untuk melakukan berbagai hal sendiri. Salah satunya mandi.

Ya Moms, memasuki usia prasekolah, beberapa ibu biasanya mulai mengajari anaknya untuk mandi sendiri. Harapannya, saat mulai sekolah nanti, si kecil bisa mandi sendiri sebelum berangkat sekolah. Namun, bagaimana cara mengajari anak agar ia bisa mandi sendiri, ya? Simak penjelasannya berikut ini sebagaimana dikutip dari laman Moms.

Cara Mengajari Anak Mandi Sendiri

1. Jelaskan tentang Keamanan

Hal pertama yang perlu ibu lakukan adalah memastikan anak tahu cara aman saat mandi. Misalnya, jika si kecil mandi di bathtub, ajari si kecil untuk tetap duduk selama mandi. Jika anak mandi di bawah shower atau di kamar mandi biasa, pastikan ia selalu berjalan dengan hati-hati supaya tidak terpeleset.

2. Bersihkan dari Atas ke Bawah

Selanjutnya, ajari si kecil untuk membersihkan tubuhnya dari atas ke bawah, mulai rambut, kepala, badan, tangan, hingga kaki. Mulailah dengan menyiram tubuh dengan air terlebih dahulu, kemudian baru memakai sampo atau sabun.
3. Seberapa Banyak Sabun dan Sampo yang Boleh Dipakai

Beberapa anak mungkin sering menggunakan sabun dan sampo dengan berlebihan untuk membuat busa yang lebih banyak. Hal itu tentu membuat sabun dan sampo jadi lebih cepat habis, sehingga Anda perlu lebih sering membelinya lagi. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengajari si kecil seberapa banyak sabun dan sampo yang boleh dipakai agar ia tidak boros ya, Moms.

4. Keramas
Keramas mungkin menjadi bagian tersulit bagi anak. Pasalnya, ia harus bisa memastikan busanya tidak mengenai mata atau wajah. Bahkan, beberapa anak mungkin masih minta dikeramasi oleh orang tuanya meski sudah bisa mandi sendiri.

Sebagai tahap awal, Anda mungkin bisa mengawasi anak selama belajar keramas dan memastikan ia bisa membilasnya sendiri. Setelah itu, biarkan ia melakukannya sendiri setelah ia sudah terbiasa.

5. Bersihkan Bagian Tersembunyi
Beberapa anak mungkin sering menyiram dan menyabuni tubuhnya secara asal saat mandi. Alhasil, ia pun melewatkan membersihkan bagian yang tersembunyi, seperti leher, belakang telinga, ketiak, hingga bagian vitalnya. Untuk itu, penting bagi Anda untuk mengajari si kecil membersihkan bagian tersembunyi ya, Moms. Caranya dengan menggosok-gosok bagian tersebut dengan sabun atau air.

6. Menggunakan Handuk
Langkah terakhir dalam mengajari anak mandi sendiri adalah menggunakan handuk dengan benar untuk mengeringkan tubuh. Beberapa anak mungkin kerap menggunakan handuk secara asal-asalan, sehingga tubuhnya tidak benar-benar kering. Padahal, sisa-sisa air tersebut bisa menimbulkan masalah kulit lho, Moms.

Oleh karena itu, ajari anak untuk mengeringkan tubuh dengan benar, mulai dari kepala hingga kaki, ya

Artikel ini telah dibaca 103 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Tips Fotografi: 5 Jenis Tripod yang Harus Diketahui Fotografer Pemula

6 Februari 2023 - 08:13 WIB

Ilustrasi membawa tripod. Foto: Guitar photographer/Shutterstock

Ben Brahim Raih Top Score di Pertandingan Mini Soccer Kapuas

4 April 2022 - 19:40 WIB

Jemput Bola, Koramil 03/GP Kodim 0503/JB Akan Gelar Gebyar Vaksinasi

8 Maret 2022 - 20:09 WIB

Wakil Ketua Komisi III DPRD Barsel Serap Aspirasi Masyarakat di Desa Bundar

2 Maret 2022 - 11:28 WIB

Komunitas Itiak Pulang Sanjo Salurkan Bantuan pada Korban Gempa Bumi Pasaman Timur Sumbar

1 Maret 2022 - 19:45 WIB

Perpanjangan Jabatan Presiden ataupun Penundaan Pemilu 2024 adalah Pelecehan Konstitusi

25 Februari 2022 - 17:16 WIB

Trending di Lifestyle