Menu

Mode Gelap
DPRD Barsel Sepakat Kepengurusan Dana Hibah Dikelola pada Dinas Bappeda Ketua Komisi I DPRD Barsel Harapkan Dukcapil Lebih Efektif pada Pemilu Tahun 2023 Mendatang Ingkar Janji, Pemkab HSU Berbalik Arah Tolak Eksekusi Putusan MA Pasar Alabio Jual BBM ke Wadah Jerigen, SPBU PT. Talenta Barito Jaya Disegel Pertamina Orang Ganguan Mental Diamankan Pol PP dan Damkar Kapuas

Nasional · 24 Sep 2021 16:39 WIB ·

Tips Agar Anak Bisa Fokus Belajar di Masa Pandemi


 Tips Agar Anak Bisa Fokus Belajar di Masa Pandemi Perbesar

Saat pandemi ini, banyak sekolah yang tengah menerapkan sistem hybrid learning. Sistem pembelajaran ini menggabungkan pembelajaran tatap muka dan pembelajaran daring. Tentu adanya sistem ini menjadi tantangan tersendiri bagi anak dan juga orang tua yang harus lebih ekstra membimbing anak selama belajar di rumah.

Namun tak perlu khawatir, Moms. Asalkan anak fokus, mereka akan terbiasa belajar dengan sistem hybrid. Nah, agar anak fokus belajar, Anda bisa menerapkan cara di bawah ini. Yuk, simak!

1. Merencanakan target pembelajaran bersama anak

Saat si kecil kebagian jadwal belajar online, Anda perlu merancang target yang terukur. Misalnya, mencatat berapa lama anak melafalkan kata-kata sulit.

Namun yang perlu Anda perhatikan saat merencanakan target pembelajaran adalah melibatkan sang anak. Alih-alih memberikan beban dengan kalimat perintah, akan lebih baik jika Anda bertanya terlebih dahulu mengenai kesanggupannya.

2. Ajak si kecil untuk mencatat atau menggambar hal-hal menarik yang dipelajari

Dilansir Augusta Health, mencatat materi pelajaran dapat meningkatkan efektivitas belajar. Bila anak baru saja memasuki jenjang TK, yang dapat ia catat adalah momen-momen atau pengetahuan baru yang berkesan.

Bila si kecil belum bisa menulis, Anda bisa mengajaknya menggambarkan momen seru di kelas. Misalnya, jika belajar soal bentuk tubuh bebek, maka Anda bisa mengajak anak untuk menggambar bagian tubuh yang menurutnya paling menarik.

3. Beristirahat dan minum air secara teratur

Walaupun durasi sekolah di TK masih terbilang singkat, waktu istirahat tetaplah esensial. Mulai dari mengistirahatkan mata, sekadar berjalan-jalan, melakukan peregangan tubuh, dan salah satu yang terpenting adalah minum air.

Menurut Everyday Health, minum air sesuai kebutuhan adalah cara terbaik untuk mempertajam fokus dan ketajaman berpikir. Dengan tubuh tetap terhidrasi, anak dapat melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) secara optimal!

Bila anak mendapatkan jadwal sekolah tatap muka, Anda bisa menyiapkan air minum dalam kemasan seperti Le Minerale yang hadir dalam kemasan botol 600 ml yang praktis. Le Minerale mengandung mineral alami berkualitas yang berasal dari sumber mata air pegunungan terpilih.

Selain itu, Le Minerale juga memastikan mineral alaminya tetap utuh sampai ke tangan konsumen dengan teknologi double protection system sehingga terjamin higienis. Teknologi ini membuat kemasan botol Le Minerale keras sebelum dibuka serta botolnya dilindungi dengan seal cap, sehingga terjamin aman dari pemalsuan.

Saat anak belajar di rumah, Anda bisa menyiapkan Le Minerale dalam kemasan galon. Le Minerale memastikan kemasan galon yang digunakan bersih dan higienis dengan menggunakan kemasan galon selalu baru, serta menggunakan tutup ulir yang kedap udara sehingga tidak rembes dan tidak terkontaminasi bakteri dan virus, jadi terjamin bersih dan aman untuk dikonsumsi.

Dengan membangun kebiasaan minum air secara teratur, anak akan tetap fokus saat belajar.

Sumber: KumparanMom

Artikel ini telah dibaca 14 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Mardani Maming Lawan Kriminalisasi Via Pra Peradilan, KPK Tidak Siap dan Mangkir Sidang

12 Juli 2022 - 14:11 WIB

Dipimpin AHY, Elektabilitas Demokrat Naik Lagi Capai 11,6 Persen di Survei Kompas

21 Juni 2022 - 22:53 WIB

Takziah ke Rumah Ridwan Kamil, AHY Sampaikan Belasungkawa

9 Juni 2022 - 11:17 WIB

Diduga Lecehkan Institusi Polri, Alvin Liem akan Dilaporkan ke Mabes Polri

19 April 2022 - 21:48 WIB

Pererat Sinergi, Dandim 0503/Jakarta Barat Silaturahmi Dengan Insan Media

19 April 2022 - 21:20 WIB

Taklimat Akhir Pengawasan Internal Post Audit Itdam III/Siliwangi di Korem 064/MY

19 April 2022 - 21:18 WIB

Trending di Kabar Daerah