Menu

Mode Gelap
DPRD Barsel Sepakat Kepengurusan Dana Hibah Dikelola pada Dinas Bappeda Ketua Komisi I DPRD Barsel Harapkan Dukcapil Lebih Efektif pada Pemilu Tahun 2023 Mendatang Ingkar Janji, Pemkab HSU Berbalik Arah Tolak Eksekusi Putusan MA Pasar Alabio Jual BBM ke Wadah Jerigen, SPBU PT. Talenta Barito Jaya Disegel Pertamina Orang Ganguan Mental Diamankan Pol PP dan Damkar Kapuas

Barito Timur · 4 Okt 2021 21:44 WIB ·

SMP Sederajat di Barito Timur Laksanakan Asesmen Nasional


 SMP Sederajat di Barito Timur Laksanakan Asesmen Nasional Perbesar

TAMIANG LAYANG – Seluruh satuan Pendidikan Tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Barito Timur Provinsi Kalimantan Tengah, melaksanakan Asesmen Nasional (AN) sejak 4 hingga 7 Oktober 2021.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Barito Timur Sabai, S.Pd., MM bahwa dasar pelaksanaan Asesmen Nasional Tahun 2021 Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Dinas Pendidikan diberi tugas untuk melaksanakan aturan tersebut sesuai dengan lingkup kewenangannya yang diatur oleh undang-undang.

“Dasar pelaksanaan AN tahun 2021 ini adalah Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2021 tentang Asesmen Nasional dan berdasarkan lingkup kewenangan yang diberikan undang-undang, maka yang menjadi tanggung jawab Dinas Pendidikan Kabupaten adalah melaksanakan Asesmen Nasional jenjang sekolah SD dan SMP Sederajat”, terang Sabai di Tamiang Layang, Senin 4 Oktober 2021.

Dijelaskan bahwa tujuan dari Asesmen Nasional Tahun 2021 sebagaimana Peraturan Menteri tersebut merupakan program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, baik madrasah dan kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah, hal ini seiring dengan kebijakan Pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi yang tidak lagi melaksanakan Ujian Nasional (UN).

“Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar yaitu literasi, numerasi, karakter dan kualitas proses belajar mengajar serta iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survey Karakter dan Survei Lingkungan Belajar, selain itu Asesmen Nasional bertujuan untuk menunjukkan apa yang seharusnya menjadi tujuan utama satuan pendidikan, yakni pengembangan kompetensi dan karakter murid, hal ini berbeda dengan UN yang mengukur kemajuan individu siswa dan syarat digunakan sebagai syarat kelulusan pada jenjang pendidikan tertentu,“ Jelas Kepala Dinas Pendidikan.

Dari hasil Asesmen Nasional ini nanti akan diperoleh pemetaan tentang mutu pendidikan di Kabupaten Barito Timur, sehingga akan menjadi bahan bagi Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dan Pemerintah Daerah dalam mengambil kebijakan dalam bidang pendidikan khususnya jenjang SMP sederajat pada masa mendatang.

Disampaikan juga oleh Kepala Dinas Pendidikan bahwa sekolah yang mengikuti Asesmen Nasional tingkat SMP di Kabupaten Barito Timur, terdiri dari 32 Sekolah SMP dan 3 Pendidikan Kesetaraan Belajar Masyarakat (PKBM) setara SMP (Paket B) dan hari pertama AN di Barito Timur berjalan dengan lancar.

“Pelaksanaan AN jenjang SMP Sederajat di Kabupaten Barito Timur hari pertama hari ini telah berjalan dengan baik, dan semoga demikian sampai akhir pelaksanaannya”, pungkas Kadis. (Ahmad Fahrizali /Am/disdik).

Artikel ini telah dibaca 7 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Polisi Musnahkan 489,57 gram Sabu dan Puluhan Butir Ineks

9 Maret 2022 - 08:43 WIB

Hasil study banding harusnya bisa diterapkan didaerah

10 Februari 2022 - 23:32 WIB

Setelah study banding ke Kalbar, ini rencana pemkab Bartim

10 Februari 2022 - 23:30 WIB

Wakil Bupati Bartim buka munrenbangcam Raren Batuah

10 Februari 2022 - 23:26 WIB

Demam Babi Afrika Mulai Muncul di Barito Timur

22 Januari 2022 - 17:43 WIB

Ilustrasi babi mati mendadadak akibat virus demam babi. (Foto: Antara)

Pedagang Pasar Toemenggung Djaya Karti Tamiang Layang Ditertibkan

11 Januari 2022 - 22:12 WIB

Trending di Barito Timur