Menu

Mode Gelap
DPRD Barsel Sepakat Kepengurusan Dana Hibah Dikelola pada Dinas Bappeda Ketua Komisi I DPRD Barsel Harapkan Dukcapil Lebih Efektif pada Pemilu Tahun 2023 Mendatang Ingkar Janji, Pemkab HSU Berbalik Arah Tolak Eksekusi Putusan MA Pasar Alabio Jual BBM ke Wadah Jerigen, SPBU PT. Talenta Barito Jaya Disegel Pertamina Orang Ganguan Mental Diamankan Pol PP dan Damkar Kapuas

Barito Utara · 3 Jan 2022 22:40 WIB ·

RSUD Muara Teweh Sudah Bisa Layani Pasien Cuci Darah


 RSUD Muara Teweh Sudah Bisa Layani Pasien Cuci Darah Perbesar

MUARA TEWEHSetelah diresmikan, masyarakat Kabupaten Barito Utara dan sekitarnya kini akhirnya bisa mendapatkan pelayanan Cuci Darah di RSUD Muara Teweh.

Unit Pelayanan Hemodialisis (HD) RSUD Muara Teweh tersebut diresmikan oleh Bupati Barito Utara H. Nadalsyah di Aula lantai 5 Wing B RSUD Muara Teweh.

“Ini memang sudah kami perjuangkan dari jauh-jauh hari, karena selama ini, masyarakat di Kabupaten Barito Utara berobat atau cuci darah selalu keluar daerah, seperti ke Banjarmasin, Kalimantan Selatan ataupun ke Palangka Raya,” kata Nadalsyah ketika meresmikan beroperasinya alat hemodialisis di RSUD Muara Teweh, Senin.

Peresmian alat Hemodialisis ini juga dihadiri Wakil Bupati Sugianto Panala Putra, Ketua DPRD  Merry Rukhaini, Sekretaris Daerah  Muhlis, Dandim 1013 Muara Teweh Letkol Kav Rinaldi Irawan dan pejabat lainnya.

Menurut Nadalsyah, apa yang diharapkan oleh masyarakat Barito Utara pada saat ini di RSUD Muara Teweh sudah memiliki alat HD atau alat cuci darah sebanyak empat unit tempat tidur.

“Alhamdulillah dengan upaya-upaya semua pihak pada hari ini, kita sudah bisa melakukan cuci darah di RSUD Muara Teweh,” ungkapnya.

Dia mengatakan, mendapatkan alat Hemodialisa ini sudah dari 2017 hingga 2018 sudah dilakukan upaya-upaya bagaimana alat tersebut ini bisa berada di RSUD Kabupaten Barito Utara.

“Akan tetapi proses yang dilalui sangat panjang tidak semudah apa yang kita harapkan,” katanya.

Kemudian pada 2019, katanya, alat Hemodialisis ini sudah ada titik terang dan akan berada di RSUD Muara Teweh. 

“Akan tetapi kita terbentur kendala akibat pandemi COVID-19 sehingga tim-tim yang menilai untuk rumah sakit ini  baik, ruangan, peralatan dan lain sebagainya layak untuk dioperasionalkan, sehingga para tim penilai tidak bisa datang ke Muara Teweh akibat terkendala pandemi,” ujarnya.

Nadalsyah mengharapkan kepada pasien-pasien nantinya khususnya yang ada di kabupaten Barito Utara yang berobat atau cuci darah ke daerah lain bisa cuci darah di RSUD Muara Teweh.

Dengan dibukanya pelayanan Hemodialisis di RSUD Muara Teweh, diharapkan dapat membantu warga Barito Utara khususnya dan  masyarakat luas pada umumnya.

“Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada manajemen dan seluruh jajaran karyawan RSUD Muara Teweh yang sudah bekerja keras mempersiapkan hingga dibukanya unit pelayanan hemodialisis,”  ucapnya.

Bupati juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada dokter Rudiansyah dan dokter Arman yang sudah banyak membantu serta bersedia menjadi supervisor dan Dokter DPJP pelayanan hemodialisis di RSUD Muara Teweh.

“Semoga apa yang kita lakukan bernilai ibadah disisi Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa,” doa Nadalsyah.

Bupati meminta kepada jajaran manajemen dan karyawan RSUD Muara Teweh dengan momentum kegiatan peresmian pembukaan unit pelayanan hemodialisis dapat dijadikan motivasi untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Selain itu, menjaga dan meningkatkan disiplin, etos kerja, komitmen dan kesepahaman para pelaksana pelayanan kesehatan untuk bersama-sama aktif dalam melaksanakan tugas di lapangan.

“Saya harap agar karyawan RSUD Muara Teweh terus meningkatkan pengetahuan dan keterampilan supaya tidak tertinggal dari tenaga kesehatan lainnya,” harapnya.

Terakhir, Bupati menekankan kepada seluruh karyawan RSUD Muara Teweh selalu meningkatkan pelayanan dengan salam, senyum dan sapa, bertanggung jawab, akuntabel, bermutu, dan aman agar para pasien mendapatkan ketenangan dalam pengobatannya.

“Saya titip RSUD Muara Teweh untuk dikelola dengan baik, bangunannya sudah bagus, begitu juga pelayanannya saya harap lebih bagus,”  kata Nadalsyah.

Artikel ini telah dibaca 51 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Penetapan KUA PPAS Tahun 2023 Dalam Rapat Paripurna DPRD Barsel

8 Agustus 2022 - 21:20 WIB

EMPAT POIN UTAMA PRAPERADILAN MARDANI H. MAMING, DARI TIADANYA KEWENANGAN KPK HINGGA KRIMINALISASI TRANSAKSI BISNIS

19 Juli 2022 - 20:58 WIB

Mardani Maming Lawan Kriminalisasi Via Pra Peradilan, KPK Tidak Siap dan Mangkir Sidang

12 Juli 2022 - 14:11 WIB

DPRD Barsel Sepakat Kepengurusan Dana Hibah Dikelola pada Dinas Bappeda

7 Juli 2022 - 21:27 WIB

Ketua Komisi I DPRD Barsel Harapkan Dukcapil Lebih Efektif pada Pemilu Tahun 2023 Mendatang

7 Juli 2022 - 18:01 WIB

DPRD Barsel Minta Pemkab Perhatikan Penyaluran Dana CSR

6 Juli 2022 - 19:40 WIB

Trending di Barito Selatan