Menu

Mode Gelap
DPRD Barsel Sepakat Kepengurusan Dana Hibah Dikelola pada Dinas Bappeda Ketua Komisi I DPRD Barsel Harapkan Dukcapil Lebih Efektif pada Pemilu Tahun 2023 Mendatang Ingkar Janji, Pemkab HSU Berbalik Arah Tolak Eksekusi Putusan MA Pasar Alabio Jual BBM ke Wadah Jerigen, SPBU PT. Talenta Barito Jaya Disegel Pertamina Orang Ganguan Mental Diamankan Pol PP dan Damkar Kapuas

Barito Selatan · 26 Okt 2022 06:42 WIB ·

Polsek Gunung Bintang Awai Cek Peredaran Obat Sirop yang Ditarik BPOM


 Polsek Gunung Bintang Awai Cek Peredaran  Obat Sirop yang Ditarik BPOM Perbesar

BUNTOK-Adanya instruksi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan untuk penarikan daftar obat sirop yang mengandung etilon glikol di seluruh tanah air langsung direspon cepat oleh pihak kepolisian Polres Barito Selatan, salah satunya Polsek Gunung Bintang Awai.

Respon cepat itu berupa pengecekkan sejumlah apotek di wilayah hukum Polsek Gunung Bintang Awai untuk memastikan tidak menjual obat sirop yang diduga menjadi penyebab gagal ginjal misterius akut.

Salah satu personel Polsek Gunung Bintang Awai Aipda Cuncun saat dijumpai awak media ini di salah satu apotek menerangkan bahwa nspeksi mendadak atau sidak di sejumlah apotek di Gunung Bintang Awai ni sebagai tindaklanjut terkait adanya kasus gagal ginjal akut misterius yang terjadi terhadap anak di beberapa daerah.

“Kami dari jajaran Kepolisian siap membantu pemerintah dalam mengawal dan memantau langsung peredaran obat-obatan yang telah ditarik oleh BPOM ini,” ujar Cuncun, Senin (24/10).

Meski BPOM belum memastikan kesimpulan pasti terkait cemaran EG dan DEG dengan pemicu gagal ginjal akut anak di Indonesia, namun, adapun rilis obat-obatan sirop yang ditarik diantaranya, Termorex Sirup (obat demam), Flurin DMP Sirup (obat batuk dan flu), Unibebi Cough Sirup (obat batuk dan flu), Unibebi Demam Sirup (obat demam), dan Unibebi Demam Drops (obat demam).

“Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk sementara waktu hingga adanya rilis kembali dari BPOM untuk menghindari pemberian obat sirop pada anak-anak,” tandasnya.

Artikel ini telah dibaca 92 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Ketua DPRD Barsel Apresiasi Partisipasi Masyarakat dalam Pilkades

23 November 2022 - 20:44 WIB

Bamperda DPRD Barsel Rampungkan 3 Raperda

23 November 2022 - 19:23 WIB

Ketua Komisi II DPRD Barsel Minta Pemkab Perhatikan Akses Jalan Mantarem-Pendang

2 November 2022 - 19:55 WIB

Ketua Komisi II DPRD Barsel, Ensilawatika Wijaya.

November 2022, DPRD Barsel Fokus Selesaikan Ranperda APBD 2023

1 November 2022 - 20:22 WIB

Tahun 2023 Barito Selatan Dapat Tambahan Dana Bagi Hasil dari Pusat

1 November 2022 - 18:49 WIB

Reses ke Dapilnya, Wakil Ketua Komisi III DPRD Barsel Terima 6 Usulan Prioritas dari Masyarakat

24 Oktober 2022 - 18:07 WIB

Wakil Ketua Komisi III DPRD Barsel Bhaskarogra Basuki Dwiatmaja saat berpose dengan masyarakat pada momentum reses beberapa hari lalu.
Trending di Barito Selatan