Menu

Mode Gelap
DPRD Barsel Sepakat Kepengurusan Dana Hibah Dikelola pada Dinas Bappeda Ketua Komisi I DPRD Barsel Harapkan Dukcapil Lebih Efektif pada Pemilu Tahun 2023 Mendatang Ingkar Janji, Pemkab HSU Berbalik Arah Tolak Eksekusi Putusan MA Pasar Alabio Jual BBM ke Wadah Jerigen, SPBU PT. Talenta Barito Jaya Disegel Pertamina Orang Ganguan Mental Diamankan Pol PP dan Damkar Kapuas

Barito Selatan · 10 Jun 2023 19:19 WIB ·

Pj Bupati Barsel Buka Festival Anyaman Bakul Tahun 2023 di Jenamas


 Pj Bupati Barsel Lisda Arryana saat meninjau kerajinan anyaman pada momentum festival di Kelurahan Rantau Kujang Kecamatan Jenamas, Selasa 10 Januari 2023. (FOTO: Diskominfo Barsel), Perbesar

Pj Bupati Barsel Lisda Arryana saat meninjau kerajinan anyaman pada momentum festival di Kelurahan Rantau Kujang Kecamatan Jenamas, Selasa 10 Januari 2023. (FOTO: Diskominfo Barsel),

BUNTOK,Baritoinfo.com-Penjabat (Pj) Bupati Barito Selatan Lisda Arriyana secara resmi membuka Festival Anyaman Bakul di Kelurahan Rantau Kujang, Kecamatan Jenamas Tahun 2023, Selasa 10 Januari 2023.

Acara Festival Anyaman Bakul ini terselenggara atas kerjasama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barsel bersama PT. Adaro Indonesia yang dilaksanakan oleh Bina Kelurahan Rantau Kujang mengusung tema “BAKUL” yang artinya Budaya Anyaman Kuat, UMKM Unggul.

Adapun latar belakang diselenggarakan Festival Anyaman ini yaitu kerajinan anyaman merupakan salah satu warisan budaya masyarakat Barsel yang mana kerajinan anyaman berpotensi sebagai produk budaya dan produk ekonomi kreatif yang bisa terus dikembangkan serta diusahakan untuk kesejahteraan ekonomi masyarakat sehingga dapat memacu minat generasi muda untuk terus melestarikan budaya menganyam.

Pj. Bupati Barsel Lisda Arriyana dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada PT. Adaro Indonesia yang dengan program Corporate Social Responsibility (CSR)-nya telah mendukung terlaksananya acara Festival Anyaman ini.

Lebih lanjut Lisda menyampaikan Pemkab Barsel bersama masyarakat dan pihak swasta untuk terus bersinergi dalam berkontribusi untuk membangkitkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Barsel.

”Saya melalui Pemkab Barsel akan mengagendakan kegiatan ini agar tetap rutin dilaksanakan setiap tahunnya” tegas Lisda.

Tak hanya kepada PT Adaro Indonesia, Lisda juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada para pemuda-pemudi di Kelurahan Rantau Kujang yang dengan inovasi dan kreatifitasnya telah mempelopori terselenggaranya kegiatan ini.

Sebagaimana diketahui acara Festival Anyaman Bakul kali ini diikuti oleh dua Kecamatan yaitu Kec. Jenamas dan Kec. Dusun Hilir yang terdiri dari Desa/Kelurahan Rantau Kujang, Rantau Bahuang, Tabatan, Rangga Ilung, Murung Kalanis, Kalanis, dan Mengkatip dengan jenis anyaman menggunakan bahan tanaman Purun, Bamban dan Rotan/Paikat. (Yul/Red).

Artikel ini telah dibaca 86 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Pemkab Kapuas Gelar Bimtek Terkait Aplikasi Srikandi di Batam

28 Juni 2024 - 14:32 WIB

Pemkab Barsel Siapkan 100 Ekor Sapi Kurban untuk Idul Adha

16 Juni 2024 - 17:28 WIB

Pj Bupati Barsel Blusukan ke Pasar Tabak Kanilan Jelang Idul Adha

16 Juni 2024 - 17:06 WIB

Pesan Pj Bupati Barsel Kepada 6 Kadis yang Baru Dilantik: Jadi Work Leader dan Role Model

14 Juni 2024 - 21:29 WIB

Pj Bupati Lantik 6 Pejabat di Barsel Jadi Kepala Dinas

14 Juni 2024 - 21:25 WIB

DPRD Apresiasi Operasi Pasar Murah Pemprov Kalteng di Barito Selatan

14 Juni 2024 - 19:42 WIB

Trending di Barito Selatan