Menu

Mode Gelap
DPRD Barsel Sepakat Kepengurusan Dana Hibah Dikelola pada Dinas Bappeda Ketua Komisi I DPRD Barsel Harapkan Dukcapil Lebih Efektif pada Pemilu Tahun 2023 Mendatang Ingkar Janji, Pemkab HSU Berbalik Arah Tolak Eksekusi Putusan MA Pasar Alabio Jual BBM ke Wadah Jerigen, SPBU PT. Talenta Barito Jaya Disegel Pertamina Orang Ganguan Mental Diamankan Pol PP dan Damkar Kapuas

Kotawaringin Timur · 11 Nov 2021 21:57 WIB ·

Pemkab Kotim Gelontorkan Rp 100 Juta Setiap KOK, Target Juara Umum Porprov Mendatang


 Pemkab Kotim Gelontorkan Rp 100 Juta Setiap KOK, Target Juara Umum Porprov Mendatang Perbesar

SAMPIT – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur menyiapkan anggaran besar untuk seluruh Koordinator Olahraga Kecamatan (KOK) dalam memaksimalkan pembinaan atlet untuk mencapai target menjadi juara umum Pekan Olahraga Provinsi (Porprov)  Kalimantan Tengah pada 2023 nanti.

“Tahun 2022 kita akan menggelar Porkab (Pekan Olahraga Kabupaten). Setiap KOK akan dibantu Rp100 juta. Intensifkan penjaringan dan pembinaan atlet. Jangan cuma sekadar berpartisipasi, tapi harus berprestasi,” ujar Bupati Halikinnor di Sampit, Sabtu.

Penegasan itu disampaikan Halikinnor saat menghadiri pelantikan KOK lima kecamatan yaitu Mentawa Baru Ketapang, Baamang, Cempaga, Kota Besi dan Telawang. Pelantikan dipimpin oleh Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kotawaringin Timur Ahyar Umar.

Ini merupakan pelantikan tahap ketiga setelah sebelumnya pelantikan KOK dilaksanakan di wilayah selatan dan utara. Kini pengurus KOK di 17 kecamatan sudah resmi terbentuk.

Halikinnor menegaskan, Kotawaringin Timur telah dipercaya menjadi tuan rumah Porprov Kalimantan Tengah pada 2023 mendatang. Dia ingin daerah ini meraih sukses ganda dalam event bergengsi tersebut yakni sukses menjadi tuan rumah serta sukses dalam prestasi dengan menjadi juara umum Porprov.

Beban dan tanggung jawab itu harus dipikul bersama. Dalam hal prestasi, pembinaan tidak hanya menjadi tanggung jawab KONI dan pengurus masing-masing cabang olahraga, tetapi kini juga dibebankan kepada seluruh KOK.

Sebagai persiapan menghadapi Porprov pada 2023, Kabupaten Kotawaringin Timur akan menggelar Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) pada pertengahan 2022 nanti. Seluruh KOK diminta mempersiapkan secara serius dengan menjaring atlet berbakat dan berprestasi, kemudian membacanya secara serius.

Dana yang akan digelontorkan Rp100 juta kepada setiap KOK diharapkan bisa memaksimalkan pembinaan atlet di kecamatan masing-masing. Harapannya dalam Porkab nanti akan muncul atlet-atlet terbaik sehingga mampu mempersembahkan prestasi tertinggi untuk Kotawaringin Timur saat Porprov Kalimantan Tengah nantinya.

“Saya juga pernah menjadi camat jadi tahu betul bahwa anggaran sangat dibutuhkan. Makanya nanti dengan alokasi anggaran itu, saya minta KOK bisa maksimal menjaring dan membina atlet. KOK harus menginventarisasi semua cabang olahraga yang berprestasi di kecamatan masing-masing,” harap Halikinnor.

Halikinnor menceritakan, dulunya Kotawaringin Timur menjadi barometer prestasi olahraga di Kalimantan Tengah. Namun kini prestasi ini menurun, bahkan beberapa cabang justru didominasi daerah pemekaran.

Untuk itu dia meminta KOK bersama pengurus cabang olahraga dan KONI bisa meningkatkan sinergitas untuk mengembalikan kejayaan prestasi olahraga daerah ini, khususnya saat Porprov Kalimantan Tengah 2023 nanti.

“Kita juga harus meningkatkan sarana dan prasarana olahraga kita. Awal pekan tadi saya sudah menghadap Menpora terkait kondisi fasilitas olahraga kita. Mudah-mudahan Kemenpora dan Kementerian PUPR mengabulkan usulan-usulan yang kita sampaikan,” harap Halikinnor.

Sementara itu Ketua KONI Kotawaringin Timur Ahyar Umar berterima kasih atas dukungan yang sangat besar dari Bupati Halikinnor. Dia salut atas perhatian Halikinnor terhadap pengembangan olahraga, bahkan sejak masih menjabat Sekretaris Daerah.

Ahyar menyebut, anggaran KONI Kotawaringin Timur tahun ini Rp4,6 miliar merupakan yang terbesar kedua di Kalimantan Tengah setelah KONI Kabupaten Barito Utara yang anggarannya mencapai Rp10 miliar. Ahyar juga berharap dukungan dari DPRD, apalagi saat ini diperlukan persiapan untuk Kotawaringin Timur menjadi tuan rumah Porprov Kalimantan Tengah pada 2023.

Sementara itu terkait keberadaan KOK, KONI sangat berharap agar pembinaan atlet di setiap kecamatan lebih ditingkatkan. Target menjadi juara umum Porprov memerlukan dukungan semua pihak, termasuk KOK di setiap kecamatan.

“Pemerintah daerah sudah mendukung kita dengan anggaran yang besar. Kita harus menjawabnya dengan mempersembahkan prestasi tertinggi agar bisa membanggakan daerah ini. Itu tanggung jawab kita bersama,” demikian Ahyar Umar.

 

ANTARA

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Penemuan Bayi Dalam Kardus Gegerkan Warga Sampit

12 Februari 2022 - 23:49 WIB

Gubernur Kalteng Minta Masyarakat Kotim Jangan Takut Divaksin

24 Januari 2022 - 23:36 WIB

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran saat berada di Pundu, Kotawaringin Timur. (Foto: MMC Kalteng).

Pria di Sampit Tewas Ditabrak Motor yang Dikendarai Anak Usia 16 Tahun

20 Januari 2022 - 10:42 WIB

Ilustrasi Kecelakaan.

Jual Narkoba, Oknum Guru di Kotim Ditangkap Polisi

18 Januari 2022 - 23:19 WIB

Pelaku DS usai diamankan polisi karena menjual narkoba jenis sabu. (FOTO: Dokumen Polisi).

Jual Motor Curian Lalu Ditawar Polisi, 2 Pria di Sampit Langsung Ditangkap

13 Januari 2022 - 07:33 WIB

Suami Istri di Sampit Ditangkap Polisi Karena Jual Narkoba

12 Januari 2022 - 21:26 WIB

Suami istri di Sampit yang jual narkotika usai ditangkap.
Trending di Kotawaringin Timur