Menu

Mode Gelap
DPRD Barsel Sepakat Kepengurusan Dana Hibah Dikelola pada Dinas Bappeda Ketua Komisi I DPRD Barsel Harapkan Dukcapil Lebih Efektif pada Pemilu Tahun 2023 Mendatang Ingkar Janji, Pemkab HSU Berbalik Arah Tolak Eksekusi Putusan MA Pasar Alabio Jual BBM ke Wadah Jerigen, SPBU PT. Talenta Barito Jaya Disegel Pertamina Orang Ganguan Mental Diamankan Pol PP dan Damkar Kapuas

Kapuas · 10 Mei 2024 16:42 WIB ·

Pemkab Barsel Launching Bantuan Pangan Beras Tahun 2024


 Pemkab Barsel Launching Bantuan Pangan Beras Tahun 2024 Perbesar

BARITOINFO, BUNTOK-Pemerintah Kabupaten Barito Selatan menggelar launching bantuan pangan beras tahun 2024. Launching tersebut dilakukan secara simbolik oleh Asisten Perekonomian dan pembangunan Rahmat Nuryadin mewakili Pj Bupati Barsel Deddy Winarwan, Selasa 30 Januari 2024.

Rahmat dalam kesempatan tersebut mengatakan pangan merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia paling utama dan harus selalu tersedia secara cukup, aman, bergizi, beragam, terjangkau dan tidak bertentangan dengan keyakinan dan kebudayaan masyarakat.

“Tujuan penyaluran cadangan pangan pemerintah untuk pemberian Bantuan Pangan adalah untuk mengurangi beban pengeluaran Penerima Bantuan Pangan Sasaran sebagai upaya untuk menangani kerawanan pangan, kemiskinan, stunting, gizi buruk dan mengendalikan dampak inflasi,” ujar Rahmat.

Lebih lanjut, Rahma menerangkan bahwa pemerintah perlu memberikan jaminan atas pangan terutama bagi masyarakat berpendapatan rendah. Tujuannya agar rumah tangga/keluarga selalu memiliki akses terhadap pangan pada harga dan volume yang ideal bagi kebutuhan dan kesehatannya. Salah satu upaya untuk meningkatkan akses pangan bagi masyarakat adalah melalui pemberian bantuan pangan yang bersumber dari Cadangan Pangan Pemerintah.

Sementara itu Kepala Perum BULOG Cabang Barito Selatan Sutaryo mengatakan Kabupaten Barito Selatan menerima bantuan pangan dari pemerintah pusat melalui BAPANAS yang disalurkan melalui BULOG sebagai penyedia beras dan PT. POS sebagai transporter, sebanyak 5746 KK Keluarga Penerima Manfaat (KPM), katanya.

“Adanya bantuan pangan beras ini juga turut andil sebagai salah satu upaya penurunan daerah rentan rawan pangan di 2023. Upaya pengentasan kemiskinan dan menjaga ketahanan pangan masyarakat menjadi program penting pemerintah,”tutupnya.

Sebagai informasi bahwa Perum BULOG Cabang Barito Selatan, PT. POS Cabang Buntok, Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kabupaten Barito Selatan, BAPPEDA Kabupaten Barito Selatan, yang telah bersinergi, baik dalam verifikasi dan validasi data penerima, mendukung Launching acara Penyaluran Cadangan Beras Pemerintah untuk Bantuan Pangan Tahun 2024 di Kabupaten Barito Selatan. Launching ditandai dengan pelepasan armada PT. Pos Indonesia oleh Asisten perekonomian dan pembangunan Setda Barsel. (Yul/Red)

Artikel ini telah dibaca 16 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

LASQI Kapuas Turut Berpartisipasi Memeriahkan Kapuas Bersholawat

30 Juni 2024 - 03:13 WIB

Pj Bupati Kapuas Lepas Kotingen Pesparawi ke Pulang Pisau

30 Juni 2024 - 03:01 WIB

Pj Bupati Kapuas Ikut Fun Bike Polres Kapuas

30 Juni 2024 - 02:49 WIB

Pj Bupati Kapuas Blusukan ke Pasar Rabu Palingkau

30 Juni 2024 - 02:27 WIB

Disarpustaka Kabupaten Kapuas Kaji Naskah Kuno di DKI Yogyakarta

28 Juni 2024 - 15:28 WIB

Ribuan Masyarakat Padati Kapuas Bersholawat di Stadion Panunjung Tarung

28 Juni 2024 - 15:20 WIB

Trending di Kapuas