Menu

Mode Gelap
DPRD Barsel Sepakat Kepengurusan Dana Hibah Dikelola pada Dinas Bappeda Ketua Komisi I DPRD Barsel Harapkan Dukcapil Lebih Efektif pada Pemilu Tahun 2023 Mendatang Ingkar Janji, Pemkab HSU Berbalik Arah Tolak Eksekusi Putusan MA Pasar Alabio Jual BBM ke Wadah Jerigen, SPBU PT. Talenta Barito Jaya Disegel Pertamina Orang Ganguan Mental Diamankan Pol PP dan Damkar Kapuas

Barito Utara · 10 Sep 2021 07:37 WIB ·

Pemasangan Jaringan Listrik ke Desa Butong Terhambat, Kades Mengadu ke DPRD Barut


 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah kabupaten Barito Utara, saat menggelar Rapat Dengar Pendapat terkait belum terealisasikannya listrik dari PLN setempat di desa Butong, kecamatan Teweh Selatan, kabupaten Barito Utara, pada (8/9). Foto: (Dokumen C-hrt). Perbesar

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah kabupaten Barito Utara, saat menggelar Rapat Dengar Pendapat terkait belum terealisasikannya listrik dari PLN setempat di desa Butong, kecamatan Teweh Selatan, kabupaten Barito Utara, pada (8/9). Foto: (Dokumen C-hrt).

BARITO UTARA – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Barito Utara menggelar Rapat Dengar Pendapat mengenai belum terealisasikannya listrik dari PLN setempat di desa Butong, kecamatan Teweh Selatan, kabupaten Barito Utara, pada (8/9) di Ruang Rapat DPRD setempat.

“Kami ada dapat suport dana dari CSR PT Antang Ganda Utama (AGU) tetapi belum bisa juga cepat listrik dari jaringan PLN masuk. Sebab dari PLN sendiri ada dua tawaran harga terkait biaya pemasangan sebesar Rp. 1,2 miliar dan berubah lagi menjadi Rp. 4,1 miliar. Dengan terpaksa kami mengadu ke DPRD dan dibahas hari ini,” ujar Kepala Desa Butong Yoan Preslei, menyampaikan di forum rapat dengar pendapat, berapa waktu lalu.

Dikata Ley sapaan akrabnya , pihak desa dibantu oleh PT AGU/DSN Rp. 600 juta untuk pemasangan jaringan listrik menuju Desa Butong sepanjang 11 km. Dana itu untuk mengganti subsidi ke desa setiap bulan sebesar Rp 9 juta.

Kesepakatan kami dengan perusahaan jika listrik sudah tersambung ke desa, perusahaan PT AGU/DSN tidak lagi memberikan subsidi setiap bulan untuk keperluan BBM.

“Namun sekarang kami jadi binggung, mencari dana tambahan jika anggaran biaya seperti yang disampaikan pihak PLN dari Rp 1,2 miliar menjadi 4,1 miliar,” kata Ley.

Manajer PT. PLN ULP Muara Teweh, Cecen, menjelaskan, PLN sebenarnya tidak pernah membebankan biaya pembangunan jaringan kepada pemohon. Namun karena ada permintaan, makanya RAB dibuat.

“Mengenai perubahan angka RAB kami tidak mengetahui, karena kewenangan dan perencanaan itu dibuat oleh PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Kapuas. Tapi masalah ini nanti akan kami tanyakan,” ujar Cecen.

Cecen menjelaskan, biaya pemasangan jaringan listrik sudah ditentukan dari pusat. Setiap satu kilometer dengan range bawah angkanya Rp 250 juta dan range atas Rp 400 juta.

Ditempat yang sama, General Manager PT AGU/DSN Raju Wardana mengatakan, pihaknya tetap akan membantu warga masyarakat Desa Butong dalam mendapatkan jaringan listrik ke rumah mereka.

“Kita sudah siap dan sepakat mengenai dana CSR yang akan di bantu untuk pemasangan jaringan listrik ke warga desa Butong. Mekanisme pembayarannya bisa kita bagi atau dicicil, pertama Rp350 juta dan kedua Rp450 juta,” beber Raju Wardana.

Penjelasan ini tampak tidak memuaskan bagi Anggota DPRD, sehingga dalam kesimpulan RDP yang dipimpin Parmana Setiawan,ST akan dijadwalkan ulang pembahasannya pada RDP lanjutan, setelah melakukan kunjungan kerja ke UP3 Kapuas dan Unit Induk Wilayah (UIW) Kal-sel-teng Banjarbaru.

Dimana seperti yang diketahui, Desa Butong kecamatan Teweh Selatan, kabupaten Barito Utara yang merupakan wilayah terbesar untuk kabupaten Barito Utara dalam hasil perkebunan kepala sawit, yang di kuasai oleh PT. Antang Ganda Utama (AGU).

Pabrik Pengolahan Kelapa Sawit 1 (PPKS-1) yang tidak jauh dari Pasar Kompak, jaraknya diantara 300-500 Meter, dari pemukiman warga Desa Butong (Pasar Kompak Desa Butong).C-hrt

Artikel ini telah dibaca 83 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Bupati Kapuas Sampaikan Jawaban Eksekutif Pada Rapat Paripurna

29 Juni 2022 - 19:21 WIB

Jual BBM ke Wadah Jerigen, SPBU PT. Talenta Barito Jaya Disegel Pertamina

13 Juni 2022 - 14:04 WIB

Dua Srikandi DPRD Barsel Optimis Pj Bupati Mampu Bekerjasama dalam Pembangunan Daerah

26 Mei 2022 - 21:53 WIB

Pemasyarakatan Bersih – Bersih, Lapas Muara Teweh Adakan Razia Gabungan Dalam Rangka Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-58

19 April 2022 - 21:51 WIB

Kodim 1013/Mtw Gelar Vaksinasi Booster Malam Hari, Sasar Sejumlah Jamaah Masjid Darul Aman

7 April 2022 - 17:41 WIB

WUJUD KEPEDULIAN BABINSA SERAHKAN BANTUAN SEMBAKO KEPADA KORBAN KEBAKARAN

5 April 2022 - 16:56 WIB

Trending di Barito Utara