Menu

Mode Gelap
DPRD Barsel Sepakat Kepengurusan Dana Hibah Dikelola pada Dinas Bappeda Ketua Komisi I DPRD Barsel Harapkan Dukcapil Lebih Efektif pada Pemilu Tahun 2023 Mendatang Ingkar Janji, Pemkab HSU Berbalik Arah Tolak Eksekusi Putusan MA Pasar Alabio Jual BBM ke Wadah Jerigen, SPBU PT. Talenta Barito Jaya Disegel Pertamina Orang Ganguan Mental Diamankan Pol PP dan Damkar Kapuas

Barito Utara · 22 Sep 2021 19:30 WIB ·

Peduli Petani, Nadalsyah Panen Padi di Poktan Mitra Laba

 

BARITO UTARA – Setelah memasuki umur +/- 105 hari, Padi Sawah Varitas Invari 30 milik Kelompok Tani Mitra Laba Paring Lahung dibawah binaan Bupati Barito Utara, H. Nadalsyah akhirnya memasuki masa panen.

Bupati Barito Utara bersama Wakil Bupati, Ketua DPRD, Kadis Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan (TPHP) Prov Kalteng dan Kepala Perangkat Daerah serta perwakilan unsur FKPD melakukan Panen Bersama Padi Sawah Poktan Mitra Laba.

Kadis Pertanian, Syahmiludin menyampaikan bahwa nantinya tanam padi sawah Poktan Mitra Laba dapat dijadikan contoh untuk para petani di Kabupaten Barito Utara.

“Terlebih Musim Tanam ASEP biasanya jarang dilakukan oleh para petani, terlebih pembukaan lahan tidak dengan metode pembakaran lahan,” jelas Syahmiludin.

Sementara Kepala Dinas TPHP Prov. Kalteng, Ir. Hj. Sunarti, MM mengapresiasi swadaya Poktan Mitra Laba yang telah melaksanakan panen padi dengan hasil perhektar dari hasil ubinan sekitar 7,2 ton gabah kering panen.

“Terlebih ini merupakan lahan baru dengan hasil yang sangat luar biasa,” jelas Sunarti.

Selain itu, Kadis TPHP juga mengapresiasi produk jagung Kabupaten Barito Utara yang telah berhasil dengan baik, dimana Barito Utara merupakan pemasok terbesar untuk Prov. Kalteng.

Bupati Barito Utara, H. Nadalsyah menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kadis TPHP yang telah berkenan bermalam di mess Mitra Barito, dimana telah memberikan arahan kepada jajarannya.

Dijelaskan bahwa tanam padi sistem subak merupakan contoh yang diharapkan dapat diaplikasikan kepada para petani di Kabupaten Barito Utara.

“Beberapa petani dari berbagai desa telah mengunjungi areal lahan Poktan Mitra Laba guna melihat secara langsung tanam padi yang telah dilakukan,” jelas H. Nadalsyah.

Bupati menyampaikan bahwa dalam pengembangan pertanian memang sangat berat, tanpa ada contoh nyata maka akan susah dalam pelaksanaannya.

“Dulu untuk menanam jagung agak sulit, tapi dengan contoh yang nyata saat ini Kabupaten Barito Utara merupakan pemasok terbesar dari hasil tanam jagung,” kata H. Nadalsyah. Dalam acara panen bersama juga diberikan beberapa bantuan.

 

Red_ Wahyu Agustinus

Kameramen_ Nurul Hidayat (Sigit)

Fotografer_ Edwin Sutrisno

Editor_ Rafsan Ziannoor

Artikel ini telah dibaca 33 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Bupati Kapuas Sampaikan Jawaban Eksekutif Pada Rapat Paripurna

29 Juni 2022 - 19:21 WIB

Jual BBM ke Wadah Jerigen, SPBU PT. Talenta Barito Jaya Disegel Pertamina

13 Juni 2022 - 14:04 WIB

Dua Srikandi DPRD Barsel Optimis Pj Bupati Mampu Bekerjasama dalam Pembangunan Daerah

26 Mei 2022 - 21:53 WIB

Pemasyarakatan Bersih – Bersih, Lapas Muara Teweh Adakan Razia Gabungan Dalam Rangka Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-58

19 April 2022 - 21:51 WIB

Kodim 1013/Mtw Gelar Vaksinasi Booster Malam Hari, Sasar Sejumlah Jamaah Masjid Darul Aman

7 April 2022 - 17:41 WIB

WUJUD KEPEDULIAN BABINSA SERAHKAN BANTUAN SEMBAKO KEPADA KORBAN KEBAKARAN

5 April 2022 - 16:56 WIB

Trending di Barito Utara