Menu

Mode Gelap
DPRD Barsel Sepakat Kepengurusan Dana Hibah Dikelola pada Dinas Bappeda Ketua Komisi I DPRD Barsel Harapkan Dukcapil Lebih Efektif pada Pemilu Tahun 2023 Mendatang Ingkar Janji, Pemkab HSU Berbalik Arah Tolak Eksekusi Putusan MA Pasar Alabio Jual BBM ke Wadah Jerigen, SPBU PT. Talenta Barito Jaya Disegel Pertamina Orang Ganguan Mental Diamankan Pol PP dan Damkar Kapuas

Murung Raya · 20 Jan 2022 17:03 WIB ·

ODGJ di Murung Raya Dapat Perhatian dari Polisi


 Aipda Rodie bersama salah satu polwan saat memberi makan kepada ODGJ di Desa Juking Panjang. (FOTO: Polsek Murung).
Perbesar

Aipda Rodie bersama salah satu polwan saat memberi makan kepada ODGJ di Desa Juking Panjang. (FOTO: Polsek Murung).

MURUNG RAYA-Merawat Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) bukan hal yang mudah. Mulai dari memandikan, memberi makan hingga memahaminya dibutuhkan keberanian, kesabaran hingga kerelaan hati.

Meskipun mungkin susah bagi kebanyakan orang, tetapi tidak bagi polisi yang satu ini. Namanya Rodie.

Polisi berpangkat Aipda ini bertugas sebagai Bhabinkamtibmas di Desa Juking Panjang, Kecamatan Murung, Kabupaten Murung Raya. Sebagai polisi yang mengayomi, Aipda Rodie tak pandang bulu. ODGJ juga diayominya.

“Ini tugas yang harus saya lakukan. Bukan hanya orang sehat tetapi justru kepada orang sakit lah kita harus memberikan hati lebih,” ujar Aipda Rodie, Kamis (20/1).

Rodie mengisahkan bahwa perhatian terhadap ODGJ di desa binaannya bukan hanya sekedar memberi makan, pakaian, tetapi juga memberikan perhatian untuk mendengarkan dia agar dia bisa merasa dihargai.

“Awal tahu ada ODGJ, saya bersama beberapa orang langsung mengasuh di rumah singgah. Setiap hari sampai malam menjaga memandikan serta memberi makan, dan setelah itu coba mengajak bicara baik- baik, dengan harapan supaya pikiran ODGJ tersebut bisa normal kembali,” kisah Rodie.

“Kita perhatian dia satu kali 24 jam. Bukan hanya saya sendiri tetapi ada masyarakat lain dan juga keluarganya,” tambahnya.

Rodie mengatakan bahwa perhatian terhadap ODGJ merupakan salah satu tugas polisi dalam kaitannya dengan mengayomi semua masyarakat.

“Kalau kita perhatikan dengan baik tentu dia tidak akan berbuat macam-macam yang mengganggu ketertiban masyarakat,” ujarnya.

“Harapannya semoga ODGJ yang ada di Desa ini bisa kembali normal dan dapat turut memberikan kontribusi bagi pembangunan untuk masyarakat,” demikian Rodie.

Artikel ini telah dibaca 31 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Danramil Hadir Kegiatan Mediasi pihak PT. IMK dan Ormas DPC TBBR

14 April 2022 - 11:17 WIB

Babinsa Koramil 1013-10/Tanah Siang Bantu Serahkan BLT-DD Pada Warga

8 April 2022 - 20:19 WIB

Kodim 1013/Mtw dan Nakkes TNI Gelar Serbuan Vaksinasi Covid-19

7 April 2022 - 17:45 WIB

Danramil 1013-13/Sungai Babuat Dampingi Pengobatan ODGJ

31 Maret 2022 - 21:59 WIB

Kodim 1013/Mtw Hadiri Rapat Pengawasan Imigrasi di Murung Raya

29 Maret 2022 - 22:19 WIB

Penjual dan Pembeli Sabu di Puruk Cahu Diringkus Polisi

9 Maret 2022 - 22:37 WIB

Trending di Hukum-Kriminal