Menu

Mode Gelap
DPRD Barsel Sepakat Kepengurusan Dana Hibah Dikelola pada Dinas Bappeda Ketua Komisi I DPRD Barsel Harapkan Dukcapil Lebih Efektif pada Pemilu Tahun 2023 Mendatang Ingkar Janji, Pemkab HSU Berbalik Arah Tolak Eksekusi Putusan MA Pasar Alabio Jual BBM ke Wadah Jerigen, SPBU PT. Talenta Barito Jaya Disegel Pertamina Orang Ganguan Mental Diamankan Pol PP dan Damkar Kapuas

Barito Utara · 18 Sep 2021 14:17 WIB ·

Objek Wisata Jantur Doyam di Barito Utara

Selamat datang di Kota Muara Teweh Kabupaten Barito Utara, Provinsi Kalimantan Tengah. Kami memiliki beberapa objek wisata andalan yaitu salah satunya Air Terjun “Jantur Doyam” Obek wisata ini berjarak 18 km dari kota Muara Teweh atau ditempuh dalam waktu 30 menit.

Sekitar Pada tahun 1990 air terjun Jantur Doyam ini secara resmi dijadikan objek wisata oleh Pemerintah Kabupaten Barito Utara dengan luas wilayah 1 hektar lebih. Sebelum masuk, kita diharuskan membeli karcil terlebih dahulu.

Fasilitas yang dimiliki sudah sangat memadai, seperi tempat parkir yang luas untuk mobil dan motor, WC, tempat ganti baju, tempat bermain anak, serta gajebo-gajebo tempat berteduh. Objek Wisata Jantur Doyam ini menyuguhkan sebuah phenomena alam yang sangat indah dan masih asri, yaitu terdapatnya air terjun 2 tingkat yang masing-masing berukuran sekitar 6 meter dan 1 meter.

Kemudian di area bawahnya, terdapat hamparan batu-batuan dan airnyapun tidak terlalu dalam, jadi aman sekali untuk dijadikan tempat mandi anak-anak. Selain itu juga di area ini dikelilingi oleh pohon-pohon yang masih hijau sehingga udara disini masih sangat segar.

“Jantur Doyam” berasal dari kata Jantur yang artinya air terjun, sedangkan Doyam adalah nama dari sungai yang melewati air terjun tersebut, yaitu sungai Doyam. Untuk menjaga hal-hal yang tidak di inginkan, pemerintah selalu memasang beberapa peringatan di area yang dianggap berbahaya.

Objek wisata ini sering dijadikan untuk tempat keluarga berekreasi di saat akhir pekan dan dihari libur kerja. Kemudian untuk menambah keindahan tempat wisata ini, terdapat 2 lokasi yang menurut kami sangat bagus untuk tempat berfoto, yaitu selain di air terjun nya, terdapat juga sebuah jalan yang dihiasi secara setengah lingkaran di ikuti dengan dedauan yang menjalar, lalu yang terakhir terdapatnya jembatan di atas pohon yang tidak kalah bagusnya untuk berfoto baik bersama teman ataupun keluarga.

Objek wisatat “ Jantur Doyam” tidak pernah sepi dikunjungi oleh masyarakat di Barito Utara, karena tempat ini berada di tengah hutan dan pastinya jauh dari hiruk pikuk keramainya kota sehingga sangat cocok untuk tempat bersantai dan membuat pikiran menjadi tenang. Jika anda datang ke Kabupaten Barito Utara, kami sangat menyarankan anda untuk datang ke Objek Wisata Air Terjun Jantur Doyam.

By : Studio-Palentinus

Artikel ini telah dibaca 414 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Bupati Kapuas Sampaikan Jawaban Eksekutif Pada Rapat Paripurna

29 Juni 2022 - 19:21 WIB

Jual BBM ke Wadah Jerigen, SPBU PT. Talenta Barito Jaya Disegel Pertamina

13 Juni 2022 - 14:04 WIB

Dua Srikandi DPRD Barsel Optimis Pj Bupati Mampu Bekerjasama dalam Pembangunan Daerah

26 Mei 2022 - 21:53 WIB

Pemasyarakatan Bersih – Bersih, Lapas Muara Teweh Adakan Razia Gabungan Dalam Rangka Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-58

19 April 2022 - 21:51 WIB

Kodim 1013/Mtw Gelar Vaksinasi Booster Malam Hari, Sasar Sejumlah Jamaah Masjid Darul Aman

7 April 2022 - 17:41 WIB

WUJUD KEPEDULIAN BABINSA SERAHKAN BANTUAN SEMBAKO KEPADA KORBAN KEBAKARAN

5 April 2022 - 16:56 WIB

Trending di Barito Utara