Menu

Mode Gelap
DPRD Barsel Sepakat Kepengurusan Dana Hibah Dikelola pada Dinas Bappeda Ketua Komisi I DPRD Barsel Harapkan Dukcapil Lebih Efektif pada Pemilu Tahun 2023 Mendatang Ingkar Janji, Pemkab HSU Berbalik Arah Tolak Eksekusi Putusan MA Pasar Alabio Jual BBM ke Wadah Jerigen, SPBU PT. Talenta Barito Jaya Disegel Pertamina Orang Ganguan Mental Diamankan Pol PP dan Damkar Kapuas

Lifestyle · 16 Sep 2021 14:20 WIB ·

Menulis Novel 15 Hari, Pria Ini Seolah Tak Percaya


 Editor MZK News Khoirul Anam Terbitkan berjudul Tarbiyah Bersamamu. FOTO: (Dokumen Ist). Perbesar

Editor MZK News Khoirul Anam Terbitkan berjudul Tarbiyah Bersamamu. FOTO: (Dokumen Ist).

JAKARTA – Salah satu editor atau redaktur MZK News Khoirul Anam menerbitkan karya perdananya berupa novel yang berjudul Tarbiyah Bersamamu.

“Beliau sejak dulu ingin punya karya, ya, saya ajak berlatih di MZK, akhirnya jadi juga,” kata Martha Syaflina di kantornya, Kamis (16/9).

Tidak hanya itu, menurut Martha, pengerjaan novel Tarbiyah Bersamamu ini hanya memakan waktu 15 hari atau dua minggu. Ditulis dengan fokus dengan teknik-teknik menulis yang didapatkan di MZK sendiri.

“Kita punya trik sendiri dalam melatih para penulis agar memiliki karya dalam waktu yang singkat dan berkualitas. Buat saya, jika ingin jadi penulis, mulailah menulis dari diri penulis sendiri. Niatnya dari mereka, saya sebagai pelatih hanya mengarahkan dan memotivasi,” lanjut Martha.

Di sisi lain, penulis Khoirul Anam juga menyampaikan kebahagiaannya dengan selesainya karya perdana ini. Dia seolah-olah tidak percaya bahwa karyanya bisa terbit dan terdaftar langsung di Perpustakaan Nasional RI dengan nomor International Serial Book Number (ISBN).

“Masih tak percaya, sih. Kok bisa gitu, ya? Padahal, dari dulu tak pernah selesai nulisnya. Adanya cuma ide-ide doang. Sekarang, sudah terbit saja,” tutur penulis yang biasa dipanggil Bang Anam ini.

Selanjutnya, Khoirul Anam pun menjelaskan bahwa dia hanya mengikuti cara-cara yang disampaikan oleh mentornya di MZK. Diikuti stepnya lalu dituliskan.

“Wah, kita hanya ikut mentor, yah. Sebab, pemula. Jadi, manut saja. Tapi, beliau (Martha) keren. Bisa menjadikan saya disiplin menulis. Penasaran, kan, caranya mengajar? Hubungi saja penerbitnya, ya,” tutup Bang Anam.

Reporter: Khairatul Annisa

Editor: Nadiah Masviva

Artikel ini telah dibaca 15 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Mardani Maming Lawan Kriminalisasi Via Pra Peradilan, KPK Tidak Siap dan Mangkir Sidang

12 Juli 2022 - 14:11 WIB

Dipimpin AHY, Elektabilitas Demokrat Naik Lagi Capai 11,6 Persen di Survei Kompas

21 Juni 2022 - 22:53 WIB

Takziah ke Rumah Ridwan Kamil, AHY Sampaikan Belasungkawa

9 Juni 2022 - 11:17 WIB

Diduga Lecehkan Institusi Polri, Alvin Liem akan Dilaporkan ke Mabes Polri

19 April 2022 - 21:48 WIB

Pererat Sinergi, Dandim 0503/Jakarta Barat Silaturahmi Dengan Insan Media

19 April 2022 - 21:20 WIB

Taklimat Akhir Pengawasan Internal Post Audit Itdam III/Siliwangi di Korem 064/MY

19 April 2022 - 21:18 WIB

Trending di Kabar Daerah