Menu

Mode Gelap
DPRD Barsel Sepakat Kepengurusan Dana Hibah Dikelola pada Dinas Bappeda Ketua Komisi I DPRD Barsel Harapkan Dukcapil Lebih Efektif pada Pemilu Tahun 2023 Mendatang Ingkar Janji, Pemkab HSU Berbalik Arah Tolak Eksekusi Putusan MA Pasar Alabio Jual BBM ke Wadah Jerigen, SPBU PT. Talenta Barito Jaya Disegel Pertamina Orang Ganguan Mental Diamankan Pol PP dan Damkar Kapuas

Kapuas · 5 Nov 2021 23:18 WIB ·

Mengulik Prospek Perikanan Beje Lewat Proyek IFISH di Kabupaten Kapuas


 Mengulik Prospek Perikanan Beje Lewat Proyek IFISH di Kabupaten Kapuas Perbesar

KAPUAS – Bupati Kapuas, Ir. Ben Brahim S.Bahat melalui Asisten II bidang Ekonomi Pembangunan, Salman diberitakan menghadiri dan membuka acara Kick Off dan Inception Meeting Kegiatan “Pengembangan dan Pengelolaan Perikanan Beje Yang Berkelanjutan di Kabupaten Kapuas Tahun 2021 – 2022, bertempat di Ruang Rapat Bupati Kapuas, Kamis (4/11).

Dikabarkan bahwa kegiatan tersebut merupakan kerjasama FAO Indonesia dan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI, melalui proyek IFISH atau Pengarusutamaan konservasi keanekaragaman hayati dan pemanfaatan berkelanjutan dalam praktik perikanan darat pada area bernilai konservasi tinggi di ekosistem air tawar. Dan dilaksanakan di sejumlah wilayah Indonesia termasuk Kabupaten Kapuas.

Dalam sambutannya Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan, Salman menyampaikan bahwa percontohan pengelolaan Beje secara berkelanjutan ini akan dilaksanakan oleh PT. Sucofindo, yang merupakan sebuah perusahaan nasional bergerak di bidang pengelolaan lingkungan.

“Project percontohan ini akan berlangsung selama 10 bulan terhitung sejak bulan Oktober 2021 hingga Agustus 2022 di dua Desa, yaitu Desa Dadahup dan Tambak Bajai,” bebernya.

Lebih lanjut Salman menjelaskan bahwa kegiatan demosite akan lebih banyak pada penguatan kapasitas masyarakat untuk mengelola beje secara berkelanjutan dalam rangka mendorong peningkatan ekonomi masyarakat.

“Kegiatan ini juga diharapkan dapat melahirkan produk peraturan desa yang secara khusus dalam pengelolaan perikanan darat dimana salah satunya adalah beje,” pungkas Salman.

Sementara itu, Field Officer Project-FAO, Yulius Saden dalam penyampaiannya menggarisbawahi bahwa FAO sebagai badan PBB yang konsen di bidang keamanan pangan sangat menginginkan proyek ini nantinya akan menghasilkan satu model percontohan dalam pengelolaan beje secara berkelanjutan.

“Karena itulah lahirnya peraturan desa (Perdes) pengelolaan beje nantinya akan menjadi sebuah pintu masuk guna mendukung kembalinya perikanan beje secara khusus di Kabupaten Kapuas,” ujar Yulius berharap.

Di kesempatan yang sama, Wakil Kepala Cabang PT. Sucofindo, Revi Agustian mengungkapkan, bahwa kegiatan yang merupakan kerjasama FAO dan KKP ini adalah sebuah kerjasama nyata dalam upaya membangun pemberdayaan masyarakat.

“Lewat pemberdayaan masyarakat yang menerapkan konsep-konsep berkelanjutan, ini akan menjadi pilar utama dalam pembangunan sektor perikanan di Kabupaten Kapuas,” tandas Revi.

Sementara, Kadis Perikanan Kabupaten Kapuas melalui Sekretarisnya, John Phita Kadang menyampaikan, bahwa Dinas Perikanan sangat mendukung program ini, terutama target yang diberikan terkait peningkatan produksi perikanan serta kesejahteraan masyarakat secara berkesinambungan.

“Dinas Perikanan Kapuas dalam hal ini siap memfasilitasi, mendukung serta mensupport kegiatan yang akan dilakukan dalam rangka pemberdayaan Beje untuk masyarakat. Semoga kegiatan ini nantinya berjalan dengan sangat baik sesuai dengan perencanaan,” pungkas John.

Tampak, pada rapat virtual tersebut turut dihadiri Kepala Pusat Riset Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan beserta jajaran, Kadis Kelautan Provinsi Kalimantan Tengah, Field Officer Project- FAO, Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas beserta sejumlah perwakilan SOPD terkait, seluruh anggota kelompok kerja pengelolaan perairan, Wakil Kepala cabang PT. Sucofindo beserta Tim, penyuluh perikanan Kabupaten Kapuas, serta IFISH Team. (GS)

Artikel ini telah dibaca 38 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Pemkab Barsel Launching Bantuan Pangan Beras Tahun 2024

10 Mei 2024 - 16:42 WIB

Pj Bupati Barsel Hadiri Rapat Paripurna Ke-3 Masa Persidangan I Tahun Sidang 2024

7 Mei 2024 - 17:35 WIB

Pj Bupati Apresiasi Gerak Cepat Badan Pemadam Kebakaran di Kapuas

5 Mei 2024 - 20:52 WIB

Pemkab Kapuas Kirimkan Bantuan untuk Warga Terdampak Banjir di 26 Desa

5 Mei 2024 - 19:04 WIB

ODGJ Diamankan Sat Pol PP dan Damkar Kapuas

4 Mei 2024 - 21:49 WIB

Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Purna Tugas, Disdukcapil Gelar Perpisahan

4 Mei 2024 - 21:44 WIB

Trending di Kapuas