Menu

Mode Gelap
DPRD Barsel Sepakat Kepengurusan Dana Hibah Dikelola pada Dinas Bappeda Ketua Komisi I DPRD Barsel Harapkan Dukcapil Lebih Efektif pada Pemilu Tahun 2023 Mendatang Ingkar Janji, Pemkab HSU Berbalik Arah Tolak Eksekusi Putusan MA Pasar Alabio Jual BBM ke Wadah Jerigen, SPBU PT. Talenta Barito Jaya Disegel Pertamina Orang Ganguan Mental Diamankan Pol PP dan Damkar Kapuas

Barito Utara · 7 Des 2021 19:29 WIB ·

Medco Gelar Webinar dengan Para Jurnalis dari Tarakan dan Barito Utara


 Medco Gelar Webinar dengan Para Jurnalis dari Tarakan dan Barito Utara Perbesar

JAKARTA – Peran jurnalis dalam mendukung industri hulu minyak dan gas bumi (migas) dalam menjaga ketahanan energi nasional sangat penting. Oleh karena itu, jurnalis sebagai unjuk tombak pemberitaan di media massa perlu memahami seluk beluk industri hulu migas serta kode etik jurnalistik dalam menciptakan berita. Hal ini agar informasi yang diterima publik menjadi tepat dan berimbang, Selasa 7 Desember 2021.

Dalam upaya menjadikan pemberitaan tepat dan berimbang ini, PT Medco E&P Tarakan dan Medco Energi Bangkanai Ltd (Medco) bersama SKK Migas Perwakilan Kalimantan dan Sulawesi (Kalsul) menggelar kegiatan Webinar Edukasi dan Lomba Karya Jurnalistik (LKJ) bersama jurnalis di area kerjanya yaitu di Kota Tarakan, Kalimantan Utara, dan Kabupaten Bangkanai, Kalimantan Tengah.

Kegiatan ini sebagai salah satu upaya Perusahaan terus memberikan informasi tentang industri hulu migas, mengingat besarnya peran jurnalis dalam menyampaikan informasi pada masyarakat. Selain itu, kegiatan ini sebagai upaya Medco terus menjalin silaturahim dengan jurnalis dan pemangku kepentingan di kedua area kerja ini di masa pandemi COVID-19.

Kegiatan yang berlangsung online ini digelar pada Selasa (7/12) ini bertema, ‘Peran dan Dampak Positif Industri Hulu Migas bagi Pembangunan Daerah di Bangkanai dan Tarakan’ diikuti oleh puluhan wartawan di kedua wilayah tersebut dan dibuka oleh Walikota Tarakan dr H. Khairul M. Kes dan dihadiri oleh Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Barito Utara H. Mochamad Ikhsan, Kepala SKK Migas Perwakilan Kalsul Azhari Idris, General Manager Kalimantan Asset Herman Fauzi, dan VP Relations & Security Medco E&P Arif Rinaldi, dan narasumber wartawan senior yang juga adalah pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat Nurcholis Basyari. Sementara untuk LKJ dibuka untuk jurnalis cetak, online dan radio yang bertugas di Barito Utara dan Tarakan.

Walikota Tarakan Khairul dalam sambutannya menyatakan peran Medco E&P di Kota Tarakan cukup strategis, terutama dalam menyediakan gas kota. Selain itu, dia juga berharap Perusahaan terus meningkatkan program-program CSR-nya.

Sementara Kepala Dinas Kominfo Mochamad Ikhsan berharap para wartawan dapat menyampaikan pemberitaan industri hulu migas dengan berimbang.

“Peran Medco di Kalimantan Tengah cukup penting, jadi perlu diperhatikan dalam penulisan berita yang berimbang,” ujarnya.

“Kegiatan ini juga sebagai bagian dari bentuk kemitraan Medco E&P dan organisasi jurnalis di wilayah Barito Utara dan Tarakan. Selan itu, juga untuk memberikan apresiasi pada jurnalis dalam memberitakan informasi yang bermanfaat pada masyarakat terkait industri hulu migas sehingga operasi di wilayah ini berjalan aman dan lancar,” ujar VP Relations & Security Medco E&P Arif Rinaldi. (*)

Artikel ini telah dibaca 36 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Bupati Kapuas Sampaikan Jawaban Eksekutif Pada Rapat Paripurna

29 Juni 2022 - 19:21 WIB

Jual BBM ke Wadah Jerigen, SPBU PT. Talenta Barito Jaya Disegel Pertamina

13 Juni 2022 - 14:04 WIB

Dua Srikandi DPRD Barsel Optimis Pj Bupati Mampu Bekerjasama dalam Pembangunan Daerah

26 Mei 2022 - 21:53 WIB

Pemasyarakatan Bersih – Bersih, Lapas Muara Teweh Adakan Razia Gabungan Dalam Rangka Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-58

19 April 2022 - 21:51 WIB

Kodim 1013/Mtw Gelar Vaksinasi Booster Malam Hari, Sasar Sejumlah Jamaah Masjid Darul Aman

7 April 2022 - 17:41 WIB

WUJUD KEPEDULIAN BABINSA SERAHKAN BANTUAN SEMBAKO KEPADA KORBAN KEBAKARAN

5 April 2022 - 16:56 WIB

Trending di Barito Utara