Menu

Mode Gelap
DPRD Barsel Sepakat Kepengurusan Dana Hibah Dikelola pada Dinas Bappeda Ketua Komisi I DPRD Barsel Harapkan Dukcapil Lebih Efektif pada Pemilu Tahun 2023 Mendatang Ingkar Janji, Pemkab HSU Berbalik Arah Tolak Eksekusi Putusan MA Pasar Alabio Jual BBM ke Wadah Jerigen, SPBU PT. Talenta Barito Jaya Disegel Pertamina Orang Ganguan Mental Diamankan Pol PP dan Damkar Kapuas

Kapuas · 22 Jun 2024 22:58 WIB ·

LASQI Nusantara Kabupaten Kapuas Gelar Festival Seni


 LASQI Nusantara Kabupaten Kapuas Gelar Festival Seni Perbesar

BARITOINFO, KUALA KAPUAS-Lembaga Seni Qasidah Indonesia (LASQI) Nusantara Jaya Kabupaten Kapuas menggelar Festival Seni Qasidah (FSQ) Ke II Tingkat Kabupaten Kapuas Tahun 2024, bertempat di Lapangan Bukit Ngalangkang Jalan Letjend Soeprapto Kuala Kapuas, Jumat 21 Juni 2024.

Ratusan peserta pun diketahui mengikuti kegiatan festival ini yang mana memperlombakan beberapa cabang lomba seperti Bintang Vokalis Qasidah Gambus, Bintang Vokalis Pop Religi, Rebana Qasidah Klasik dan Penabuh Rebana Seni Qasidah.

Dikatakan Asisten III Sekda Kapuas Ahmad M Saribi saat membuka kegiatan, LASQI Nusantara Jaya betul-betul berfungsi sebagai wadah dalam menyalurkan kreativitas para seniman muslim untuk berkreasi dan berpartisipasi dalam memperkenalkan seni budaya islam, juga memberi manfaat yang positif kepada seniman muslim dalam memperkenalkan seni budaya islam.

“Saya berharap lembaga ini, tidak hanya sebagai media akan tetapi sebagai mitra dari pemerintah dalam menyampaikan pesan-pesan moral terhadap masyarakat umum terkait ukhuwah islamiah, mensyiarkan da’wah islamiah, membimbing, melestarikan khasanah budaya melalui peningkatan mutu seni Islami,” kata Saribi.

Disambungnya, seni budaya islam termasuk aset kekayaan seni dan budaya yang ada di indonesia, maka dari itu perlu diangkat ke permukaan sehingga masyarakat akan mengenal yang salah satunya mengembangkan melalui pendidikan, pembinaan, pengkaderan ataupun melalui event-event pagelaran, baik di daerah, di tingkat lokal, nasional bahkan internasional.

“Hal itu dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan seni budaya islam di Tingang Menteng Panunjung Tarung di Kota Kuala Kapuas melalui Lembaga Pengembangan Seni Qasidah Indonesia Nusantara Jaya sebagai lembaga yang diberi amanat dan menjadi tumpuan harapan mengangkat tinggikan syi’ar agama,” ujar Saribi dalam sambutannya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum Panitia FSQ Kabupaten Kapuas Agustina Erlin Hardi dalam laporannya menyebutkan jumlah peserta yang mengikuti Festival Seni Qasidah Ke II DPD LASQI Nusantara Jaya Kabupaten Kapuas tahun 2024 berjumlah 347 orang peserta dari 17 Kecamatan.

Dengan rincian Bintang Vokalis Qasidah Gambus Anak-Anak 12 orang, remaja 16 orang dan dewasa 14 orang. Kemudian Bintang Vokalis Pop Religi anak-anak 17 orang, remaja 20 orang dan dewasa 11 orang. Sedangkan untuk Rebana Klasik diikuti 7 Grup (77 orang) serta Penabuh Rebana Seni Qasidah 12 Grup (180 orang).

Sementara itu, Ketua Umum LASQI Nusantara Jaya Kabupaten Kapuas, H Suwarno Muriyat menuturkan DPD LASQI Nusantara Jaya rutin dalam menyelenggarakan kegiatan keagamaan yang langsung menyentuh kepada masyarakat. Salah satunya dengan menggelar Audisi Bintang Vokalis, Lomba Bagarakan Saur, Lomba Penabuh Rebana Seni Qasidah dan lain sebagainya.

Melalui gelaran Festival Seni Qasidah (FSQ) Ke II Tingkat Kabupaten Kapuas Tahun 2024 ini diharapkan mampu mewadahi bakat dan kreatifitas para pemuda-pemudi islam dibidang kesenian serta dapat menyelamatkan generasi muda dari pengaruh pergaulan yang tidak baik.

“Peserta yang Juara pada Festival Seni Qasidah Tahun 2024 ini akan dipersiapkan untuk mengikuti FSQ Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah di Kota Palangka Raya pada Bulan Agustus Tahun 2024,” ucap Suwarno.

Seni qasidah di Kabupaten Kapuas sendiri pun diutarakannya telah menunjukkan eksistensinya di Kalimantan Tengah bahkan Nasional, yang mana hal ini dibuktikan dengan peserta dari Kabupaten Kapuas sering mendapatkan Juara Tingkat Provinsi.

“Bahkan 2 putra dan putri terbaik Kapuas mendapatkan Juara ditingkat Nasional yaitu Saudara Kamaludin Abdi Juara Satu Bintang Vokalis Remaja di Kota Mataram Provinsi Nusa Tenggara Barat pada tahun 2022 dan yang terbaru Saudari Nikmah Wardani berhasil meraih Juara Satu Bintang Vokalis Dewasa di Kota Tanggerang Provinsi Banten pada tahun 2023 serta Peserta Rebana Klasik Kabupaten Kapuas mendapatkan Juara di Tingkat Nasioal,” tutur Suwarno. (Hmskmf/Tim/Red)

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

LASQI Kapuas Turut Berpartisipasi Memeriahkan Kapuas Bersholawat

30 Juni 2024 - 03:13 WIB

Pj Bupati Kapuas Lepas Kotingen Pesparawi ke Pulang Pisau

30 Juni 2024 - 03:01 WIB

Pj Bupati Kapuas Ikut Fun Bike Polres Kapuas

30 Juni 2024 - 02:49 WIB

Pj Bupati Kapuas Blusukan ke Pasar Rabu Palingkau

30 Juni 2024 - 02:27 WIB

Disarpustaka Kabupaten Kapuas Kaji Naskah Kuno di DKI Yogyakarta

28 Juni 2024 - 15:28 WIB

Ribuan Masyarakat Padati Kapuas Bersholawat di Stadion Panunjung Tarung

28 Juni 2024 - 15:20 WIB

Trending di Kapuas