Menu

Mode Gelap
DPRD Barsel Sepakat Kepengurusan Dana Hibah Dikelola pada Dinas Bappeda Ketua Komisi I DPRD Barsel Harapkan Dukcapil Lebih Efektif pada Pemilu Tahun 2023 Mendatang Ingkar Janji, Pemkab HSU Berbalik Arah Tolak Eksekusi Putusan MA Pasar Alabio Jual BBM ke Wadah Jerigen, SPBU PT. Talenta Barito Jaya Disegel Pertamina Orang Ganguan Mental Diamankan Pol PP dan Damkar Kapuas

Katingan · 9 Sep 2021 15:54 WIB ·

Kisah Pendeta di Katingan Pimpin Ibadah di Atas Perahu Saat Banjir


 Kisah Pendeta di Katingan Pimpin Ibadah di Atas Perahu Saat Banjir Perbesar

KATINGAN-Banjir di Kabupaten Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah kian parah. Ribuan rumah terendam banjir. Aktivitas masyarakat pun lumpuh.

Salah satu kondisi banjir yang cukup parah di Katingan terdapat di wilayah Tumbang Samba. Fasilitas umum termasuk tempat ibadah pun digenangani air dengan kedalaman bervariasi. Meskipun demikian, kegiatan ibadah tetap dilakukan oleh sejumlah jemaat Gereja Kalimantan Evangelis (GKE) di Tumbang Samba. Mereka beribadah dipimpin dari perahu.

Pemimpin ibadah atau pendeta GKE bernama Rizki Indriana saat dihubungi via WhatsApp membenarkan adanya ibadah yang dipimpinnya dari atas perahu tersebut.

“Betul mas itu saya. Saat ibadah saya dibantu oleh 4 petugas.Ibadahnya pada hari Minggu 5 September 2021,” ujar Indriana saat dihubungi, Senin (6/9) dilansir dari InfoPBUN, Partner Resmi Kumparan.com, Jumat (9/9).

Rizki mengisahkan bahwa ibadah yang dipimpinnya dari atas perahu karena banjir baru kali pertama dialaminya selama tugas pelayanan kepada jemaat di Tumbang Samba, Katingan Tengah.

Kondisi banjir di Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah.

“Ada perasaan sedih, namun ada perasaan sukacitanya. Ini memang kali pertama yang saya alami,” ujar Rizki.

Ia mengisahkan bahwa beberapa Minggu lalu, kegiatan ibadah ditiadakan yang juga karena banjir. Akan tetapi pada saat itu tak ada perahu.

“Waktu banjir tanggal 23 dan 24 Agustus 2021 kami memilih untuk tidak ibadah. Memang waktu itu tidak ada perahunya,” kisahnya.

Saat ditanyakan apakah terdapat jemaat yang ikut dari atas perahu juga, Rizki menerangkan bahwa hanya terdapat 4 jemaat yang membantu. Sementara jemaat lainnya beribadah dari rumah.

“Karena banjir kali ini lebih tinggi dari sebelumnya dan rumah jemaat hampir semua terendam banjir, maka mereka beribadah dari rumah,” terangnya.

Sementara itu, saat ditanyakan terkait intensi ibadah dari atas perahu yang pimpinnya, Rizki menerangkan bahwa tema yang diambilnya ialah tentang alam. Dalam kesempatan ibadah itu yang didoakan secara khusus ialah agar bencana banjir di Kalteng dan wabah Corona di tanah air cepat berakhir.

“Tema yang kita pilih ialah tentang alam sebagai ciptaan Tuhan. Kita minta kepada Tuhan agar diberikan penguatan kepada para jemaat GKE di Tumbang Samba agar selalu dikuatkan meskipun diterpa badai seperti banjir ini,” ujarnya.

Selain itu, menyadari sebagai pengalaman memimpin ibadah yang luar biasa, Rizki mengatakan bahwa pelayanan ibadah hari Minggu di atas perahu merupakan sebuah pelayanan yang luar biasa dan menjadi kekuatan dalam setiap situasi pelayanan nantinya.

“Pada prinsipnya gereja harus bersaksi pada situasi apa pun. Dengan pengalaman pimpin ibadah dari atas perahu mau mengingatkan saya bahwa itulah pelayanan sesungguhnya. Baik atau tidak baik waktunya tetap bersaksi dan melayani Tuhan,” demikian Rizki.

Artikel ini telah dibaca 476 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Diskominfopersantik Katingan Kaji Tiru ke Kabupaten Kapuas

23 Februari 2022 - 16:52 WIB

Anak 8 Tahun di Katingan Dicabuli 6 Pria, Salah Satu Pelaku Ayah Tirinya

11 Januari 2022 - 19:49 WIB

Ilustrasi.

Pesta Narkoba di Katingan Digerebek Polisi, 7 Orang Tak Berkutik, 1 Orang Kabur

6 Januari 2022 - 21:31 WIB

Para pelaku saat asyik pesta sabu lalu digerebek polisi. (FOTO: Dokumen Polisi).

Sadis! Keponakan Bunuh Pamannya di Katingan

1 Januari 2022 - 14:08 WIB

Kasus Narkoba Mendominasi Tindak Pidana di Katingan

1 Januari 2022 - 08:17 WIB

Objek Wisata Bukit Batu di Kasongan Ditutup Hingga 2 Januari 2022

31 Desember 2021 - 18:18 WIB

Wisata Bukit Batu
Trending di Kabar Daerah