Menu

Mode Gelap
DPRD Barsel Sepakat Kepengurusan Dana Hibah Dikelola pada Dinas Bappeda Ketua Komisi I DPRD Barsel Harapkan Dukcapil Lebih Efektif pada Pemilu Tahun 2023 Mendatang Ingkar Janji, Pemkab HSU Berbalik Arah Tolak Eksekusi Putusan MA Pasar Alabio Jual BBM ke Wadah Jerigen, SPBU PT. Talenta Barito Jaya Disegel Pertamina Orang Ganguan Mental Diamankan Pol PP dan Damkar Kapuas

Barito Selatan · 19 Sep 2023 11:22 WIB ·

Ketua Komisi II DPRD Barsel Soroti Kualitas Air Sungai di Desa Tamparak Layung


 Ketua Komisi II DPRD Barsel Soroti Kualitas Air Sungai di Desa Tamparak Layung Perbesar

BUNTOK,Baritoinfo.com-Kualitas air sungai di Desa Tamparak Layung, Kecamatan Dusun Utara, Kabupaten Barito Selatan mendapat perhatian dan disoroti serius oleh wakil rakyat setempat beberapa hari lalu. Salah satunya, Ketua Komisi II DPRD Barsel, Ensilawatika Wijaya.

 

Kepada media ini, politisi PDIP itu mengatakan keluhan masyarakat Desa Tamparak Layung terkait kualitas air sungai telah ditinjaunya secara langsung beberapa waktu lalu. Hasilnya terlihat air tidak layak dikonsumsi dan warnanya pun sudah hitam.

 

“Setelah dapat laporan dari masyarakat, saya langsung ke lokasi dan melihat sendiri betapa sedihnya kualitas air yang hari-hari digunakan masyarakat setempat. Warnanya sudah hitam,” ujar politisi perempuan itu, Senin 18 September 2023.

 

Tak hanya melihat kondisi air sungai, politisi dari partai besutan Megawati Soekarnoputri itu langsung menghubungi pihak Pemkab Barsel melalui Dinas Lingkungan Hidup untuk mengambil langkah terkait persoalan tersebut.

 

“Saya langsung hubungi pihak DLH dan mereka sudah ambil sampel. Hasilnya memang tidak layak dikonsumsi,” tuturnya.

 

Menurut Ensilawatika, dugaan penyebab buruknya kualitas air sungai di Desa Tamparak Layung itu karena adanya sejumlah aktivitas pertambangan di desa setempat.

 

“Harapannya ya perusahaan-perusahaan yang beroperasi diwilayah Desa Tamparak Layung bisa punya solusi untuk masyarakat setempat terkait air bersih. Kasihan di sana belum ada juga PDAM,” tuturnya.

 

“Untuk Pemkab Barsel dalam hal ini DLH juga harus ada langkah tegas terkait adanya perusahaan-perusahaan di Barsel umumnya dan Tamparak Layung khususnya yang tidak berkomitmen terkait CSR dan juga enggan peduli dengan kondisi air yang sering digunakan masyarakat,” tambahnya tegas. (Yulius/Red)

 

Artikel ini telah dibaca 42 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Pesan Ketua PKK Barsel di Dusun Hilir; Laksanakan Program PKK yang Sejalan dengan Pemerintah

23 Februari 2024 - 20:05 WIB

Ketua PKK Barsel Blusukan ke Dusun Hilir

23 Februari 2024 - 19:51 WIB

Pj Bupati Barsel Saat Musrembang di 3 Kecamatan: Semuanya untuk Barsel Lebih Baik

23 Februari 2024 - 19:14 WIB

Tiga Kecamatan di Barsel Gelar Musrembang Serentak

23 Februari 2024 - 18:49 WIB

Pj Bupati Barsel Hadiri Rakor Bulanan dengan Para Kepala Dinas dan Camat

17 Februari 2024 - 23:12 WIB

Pj Bupati dan Ketua TP PKK Barsel Senam Bersama ASN

17 Februari 2024 - 22:46 WIB

Trending di Barito Selatan