Menu

Mode Gelap
DPRD Barsel Sepakat Kepengurusan Dana Hibah Dikelola pada Dinas Bappeda Ketua Komisi I DPRD Barsel Harapkan Dukcapil Lebih Efektif pada Pemilu Tahun 2023 Mendatang Ingkar Janji, Pemkab HSU Berbalik Arah Tolak Eksekusi Putusan MA Pasar Alabio Jual BBM ke Wadah Jerigen, SPBU PT. Talenta Barito Jaya Disegel Pertamina Orang Ganguan Mental Diamankan Pol PP dan Damkar Kapuas

Kapuas · 8 Nov 2021 19:25 WIB ·

Kesal Gaji Tak Dibayar, Karyawan Geruduk Kantor PDAM Kapuas


 Kesal Gaji Tak Dibayar, Karyawan Geruduk Kantor PDAM Kapuas Perbesar

KUALA KAPUAS – Gaji tidak dibayar beberapa bulan, ratusan karyawan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kapuas menggelar aksi unjuk rasa (demo) untuk menyampaikan keluhan, tuntutan, dan kesedihannya.

Unjuk rasa karyawan PDAM yang berlangsung pada Senin siang (8/11/2021) di halaman bagian instalasi kantor PDAM Kapuas di jalan Mahakam tersebut mendapat pengawalan dari anggota Polres Kapuas.

Dari spanduk yang dibawa para pengunjuk rasa ada 4 poin tuntutannya yang mereka sampaikan, yaitu pertama menuntut kepastian pembayaran gaji setiap bulannya. Kedua, menuntut pertanggungjawaban mantan Pjs Maria Magdalena selama menjabat. Ketiga, menuntut Pjs Jonnie untuk mencabut atau membatalkan perintah asesmen kepada seluruh karyawan PDAM Kapuas, dan keempat menuntut peninjauan ulang kinerja dewan pengawas sdr Edy Lukman Hakim selama ini.

Beberapa orang pengunjuk rasa mengatakan bahwa gaji mereka belum dibayar diantaranya untuk karyawan tetap 5 bulan, capeg 6 bulan, dan honor 8 bulan.

Kemudian, pertanggungjawaban Pjs, terkait asesmen, dan kaji ulang dewan pengawasan itu tuntutan mereka.

Sekda Kapuas Septedy yang hadir menemui pengunjuk rasa didampingi Kabag Ops Polres Kapuas, Kompol Edia Sutaata menemui para karyawan untuk mendengarkan tuntutan. Sementara Pj Direktur PDAM Kapuas terlihat sedang tidak berada di tempat.

Kepada awak media Sekda mengatakan terkait permintaan karyawan agar hak mereka dibayar itu menurutnya sesuatu yang wajar dan sudah disampaikan pemkab minta waktu seminggu untuk rapat dengan direksi ini terkait dengan pembayaran.

Lanjut Sekda sudah disampaikan sejak awal dengan dana yang ada tidak mungkin dibayarkan sekaligus gaji ini. Jadi bertahap yang pasti pihaknya punya komitmen untuk membayar.

“Untuk masalah gaji kami minta seminggu. misalkan dari yang ada ini berapa bisa dibagikan berapa. Merata saja yang bisa dibagikan berapa. Dipastikan hak mereka tidak hilang,” jelas Septedy.

Terkait asesmen ia menjelaskan bahwa ini untuk kepentingan organisasi sebagai wahana untuk melakukan seleksi, ini wajar saja. Jika dibatalkan atau ditunda maka jumlah karyawan ini tetap 400 tidak akan mampu kita menggaji itu.

“Jadi seleksi fungsinya kesitu. Disamping jabatan yang dirampingkan melewati asesmen itu nanti kita tahu siapa yang layak duduki jabatan yang tersedia. Itu fungsinya. Jadi kalau asesmen tidak dilakukan dan rasionalisasi maka PDAM tetap akan seperti ini,” tandasnya.

Pjs Direktur PDAM Kapuas Jonnie yang dikonfirmasi wartawan melalui WhatsApp mengatakan pihaknya memahami tuntutan tersebut, sedangkan kondisi keuangan PDAM saat ini yang minus dibanding pendapatannya.

Mengenai gaji yang belum terbayar sejak Juni 2021, Johnnie mengatakan bahwa ketika dia menjabat Pjs tanggal 5 Oktober 2021 langsung dapat warisan tunggakan gaji.

“Belum lagi pinjaman, belum lagi untuk operasional yang harus dibagi dengan pendapatan jadi menjadi hal yang sangat luar biasa untuk menyelesaikan,” pungkasnya.(yan/kan)

Artikel ini telah dibaca 152 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalteng Kunker ke Kuala Kapuas, Wabup Sampaikan Beberapa Hal

30 Juni 2022 - 20:50 WIB

Bupati Kapuas Lepas Kontingen Kapuas Dalam Rangka Pekan Olahraga Pelajar Provinsi

28 Juni 2022 - 20:58 WIB

Sekda Hadiri Penutupan Kejuaraan Bulu Tangkis Kapolres Kapuas Cup 2022

27 Juni 2022 - 19:03 WIB

Bupati Kapuas Sampaikan Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2021

27 Juni 2022 - 15:51 WIB

Bupati Kapuas Ben Brahim Minta ASN Layani Masyarakat dengan Tulus

27 Juni 2022 - 15:08 WIB

Bupati Kapuas: Masyarakat Diharapkan Selalu Jaga Kebersihan Lingkungan

23 Juni 2022 - 18:13 WIB

Trending di Kabar Daerah