Menu

Mode Gelap
DPRD Barsel Sepakat Kepengurusan Dana Hibah Dikelola pada Dinas Bappeda Ketua Komisi I DPRD Barsel Harapkan Dukcapil Lebih Efektif pada Pemilu Tahun 2023 Mendatang Ingkar Janji, Pemkab HSU Berbalik Arah Tolak Eksekusi Putusan MA Pasar Alabio Jual BBM ke Wadah Jerigen, SPBU PT. Talenta Barito Jaya Disegel Pertamina Orang Ganguan Mental Diamankan Pol PP dan Damkar Kapuas

Kalimantan Tengah · 20 Nov 2021 19:14 WIB ·

Kepala BNPB Soal Banjir Kalteng: Tolong Daerah Evaluasi Kebijakan Tentang Lingkungan


 Kepala BNPB Mayjen TNI Suharyanto saat mengunjungi Kalteng. (FOTO: Dokumen Pusdalops Kalteng).  Perbesar

Kepala BNPB Mayjen TNI Suharyanto saat mengunjungi Kalteng. (FOTO: Dokumen Pusdalops Kalteng).

PALANGKA RAYA- Dalam rakor dengan Gubernur dan para kepala daerah di Kalteng terkait banjir, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Mayjen TNI Suharyanto meminta agar banjir yang melanda sejumlah wilayah di Kalteng saat ini tidak terulang lagi pada waktu mendatang. Untuk itu pemerintah Provinsi diminta untuk memiliki target dalam pencegahan banjir.

“Jangan sampai kejadian ini berulang, maka kita harus memiliki target,” ujar Suharyanto, Sabtu (20/11).

Sebagai Kepala BNPB pusat, Suharyanto mengatakan banjir saat ini harus dapat diatasi dalam jangka pendek, menengah dan panjang. Itu harus ada.

“Kita siap kirimkan petugas untuk pendampingan dalam menyusun rencana kegiatan agar banjir tidak terulang lagi seperti ini,” jelasnya.

Selain itu, Kepala BNPB juga meminta kepada pemerintah daerah mencermati fakto-faktor penyebab banjir selain tingginya curah hujan. Faktor-faktor penyebab itu harus dievaluasi.

“Di tingkat daerah, agar dievaluasi kembali kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan lingkungan yang menjadi tugas dan tanggung jawab pemerintah daerah,” pintanya dilansir dari Antara.

Sementara itu hal lain yang ia tekankan, agar pemerintah daerah dan instansi terkait lainnya memprioritaskan keselamatan warga terdampak di lapangan.

“Setelah jiwa terselamatkan, kemudian hak-hak dasar harus terpenuhi, misalnya seperti makanan, selimut, serta lainnya,” jelasnya.

Kepala BNPB meminta agar semua pihak bersinergi dan dilibatkan agar penanggulangan banjir di berbagai daerah di Kalteng bisa optimal.

Dalam rakor ini turut hadir Gubernur Sugianto Sabran, Wakil Gubernur Edy Pratowo, para bupati dan wali kota baik secara langsung maupun virtual, serta lainnya.

Artikel ini telah dibaca 62 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Penetapan KUA PPAS Tahun 2023 Dalam Rapat Paripurna DPRD Barsel

8 Agustus 2022 - 21:20 WIB

EMPAT POIN UTAMA PRAPERADILAN MARDANI H. MAMING, DARI TIADANYA KEWENANGAN KPK HINGGA KRIMINALISASI TRANSAKSI BISNIS

19 Juli 2022 - 20:58 WIB

DPRD Barsel Sepakat Kepengurusan Dana Hibah Dikelola pada Dinas Bappeda

7 Juli 2022 - 21:27 WIB

Ketua Komisi I DPRD Barsel Harapkan Dukcapil Lebih Efektif pada Pemilu Tahun 2023 Mendatang

7 Juli 2022 - 18:01 WIB

DPRD Barsel Minta Pemkab Perhatikan Penyaluran Dana CSR

6 Juli 2022 - 19:40 WIB

DPRD Barsel Kaji Ulang Tanggapan Pj Bupati Terkait Catatan Fraksi

5 Juli 2022 - 19:39 WIB

Trending di Barito Selatan