Menu

Mode Gelap
DPRD Barsel Sepakat Kepengurusan Dana Hibah Dikelola pada Dinas Bappeda Ketua Komisi I DPRD Barsel Harapkan Dukcapil Lebih Efektif pada Pemilu Tahun 2023 Mendatang Ingkar Janji, Pemkab HSU Berbalik Arah Tolak Eksekusi Putusan MA Pasar Alabio Jual BBM ke Wadah Jerigen, SPBU PT. Talenta Barito Jaya Disegel Pertamina Orang Ganguan Mental Diamankan Pol PP dan Damkar Kapuas

Kalimantan Tengah · 6 Des 2021 20:38 WIB ·

Kalteng Masih Berpotensi Hujan Lebat, Gubernur: Waspadai Banjir Susulan


 Gubernur bersama Wakil Gubernur Kalteng saat meninjau banjir di pasar kahayan beberapa waktu lalu. (FOTO: MMC)
Perbesar

Gubernur bersama Wakil Gubernur Kalteng saat meninjau banjir di pasar kahayan beberapa waktu lalu. (FOTO: MMC)

PALANGKA RAYA-Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi dalam beberapa hari kedepan Provinsi Kalimantan Tengah masih berpotensi untuk diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. Kondisi tersebut tentunya, berpotensi akan terjadinya banjir kembali susulan.

Menyikapi perihal tersebut, Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran mengimbau, kepada seluruh Pemerintah di Kabupaten/Kota untuk tetap meningkat kewaspadaannya, terhadap segala kemungkinan yang akan terjadi.

“Kalteng masih berpotensi untuk turun hujan lebat. Saya minta masing-masing daerah antisipasi banjir susulan,” ujar Sugianto.

Sugianto Sabran meminta, kepada seluruh Pemerintah Daerah untuk menyiagakan pusat pengendalian operasi (Pusdalops), untuk memaksimalkan pengawasan dan melakukan pemetaan terhadap daerah rawan terjadi banjir.

“Pusdalops daerah harus rutin memberikan laporan rutin bagaimana kondisi terkini. Apabila diperlukan, dapat menetapkan status darurat bencana dan membentuk posko komando,” jelasnya.

Kepada para Bupati dan Wali Kota, Sugianto Sabran juga meminta untuk melakukan pengelolaan tata air terintegrasi hulu hingga hilir, guna mengantisipasi terjadinya peningkatan debit air akibat curah hujan tinggi yang memungkinkan masih akan terjadi.

Menurutnya, kesiapan infrastruktur, sarana, dan prasarana pengendalian dan penanganan bencana juga harus dipastikan. Masing-masing Pemerintah Daerah dan Instansi terkait yang hadir juga diminta untuk mengoptimalkan sumber daya manusia, logistik, dan peralatan untuk penanganan kondisi darurat bencana.

Berdasarkan data dari BMKG, kondisi cuaca wilayah Kalimantan Tengah, umumnya berawan hingga hujan ringan, dan berpotensi hujan sedang hingga lebat di beberapa wilayah. Suhu udara berkisar antara 23-33 derajat celcius. Angin umumnya bertiup dari arah Barat Daya-Barat Laut dengan kecepatan berkisar antara 10- 20 kilometer per jam.

Sumber: MMC Kalteng.

Artikel ini telah dibaca 28 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Spesialis Maling Kotak Amal di Seruyan Diringkus Polisi

4 Oktober 2022 - 18:39 WIB

Maling kotak amal bersama barang bukti saat di Mapolres Seruyan.

Belajar dari Internet, Pria di Lamandau Cetak dan Edarkan Uang Palsu

3 Oktober 2022 - 19:22 WIB

SG saat dihadirkan dalam konferensi pers di Mapolres Lamandau.

Oknum Dosen di Palangka Raya Dilaporkan ke Polisi Atas Dugaan Kasus Pelecehan Seksual

29 September 2022 - 18:35 WIB

Ilustrasi kekerasan seksual. (BBC/DAVIES SURYA)

Penetapan KUA PPAS Tahun 2023 Dalam Rapat Paripurna DPRD Barsel

8 Agustus 2022 - 21:20 WIB

EMPAT POIN UTAMA PRAPERADILAN MARDANI H. MAMING, DARI TIADANYA KEWENANGAN KPK HINGGA KRIMINALISASI TRANSAKSI BISNIS

19 Juli 2022 - 20:58 WIB

DPRD Barsel Sepakat Kepengurusan Dana Hibah Dikelola pada Dinas Bappeda

7 Juli 2022 - 21:27 WIB

Trending di Barito Selatan