Menu

Mode Gelap
DPRD Barsel Sepakat Kepengurusan Dana Hibah Dikelola pada Dinas Bappeda Ketua Komisi I DPRD Barsel Harapkan Dukcapil Lebih Efektif pada Pemilu Tahun 2023 Mendatang Ingkar Janji, Pemkab HSU Berbalik Arah Tolak Eksekusi Putusan MA Pasar Alabio Jual BBM ke Wadah Jerigen, SPBU PT. Talenta Barito Jaya Disegel Pertamina Orang Ganguan Mental Diamankan Pol PP dan Damkar Kapuas

Nasional · 23 Jan 2022 17:37 WIB ·

Hina Kalimantan, Tagar Tangkap Edy Mulyadi Ramai di Medsos


 Tangkapan layar Edy Mulyadi bersama rekan-rekannya dalam video yang menyebut Kalimantan tempat Jin Buang Anak. Perbesar

Tangkapan layar Edy Mulyadi bersama rekan-rekannya dalam video yang menyebut Kalimantan tempat Jin Buang Anak.

SAMARINDA, Baritoinfo.id-Pernyataan Edy Mulyadi dalam satu video yang diduga menghina Kalimantan membuat warga Kalimantan umumnya dan Kaltim khususnya geram.

Di dunia maya netizen bahkan mereaksi keras dan mengecam pernyataan Edy Mulyadi. Bahkan mereka menggaungkan tagar TangkapEdyMulyadi sebagai respons atas ucapan yang dinilai menyakiti hati warga Kalimantan khususnya Kaltim.

Tagar tangkap Edy Mulyadi bahkan trending di Twitter. Selain itu, hastag Kalimantan dan Kaltim juga menjadi topik pencarian terpopuler di aplikasi tersebut termasuk Instagram, Minggu (23/1/2022).

Ini diduga buntut dari pernyataan Edy Mulyadi dalam kanal YouTube, MimbarTube yang menghina warga Kalimantan. Video tersebut berisi rekaman video penolakan ibu kota negara (IKN) di Kalimantan Timur.

Cuplikan video tersebut memperlihatkan seorang pria yang diduga Edy Mulyadi sedang berbicara diapit tiga rekannya. Sementara ada empat orang lainnya tengah berdiri di belakang. 

“Bisa memahami gak, ini ada sebuah tempat elit punya sendiri yag hargaya mahal punya gedung sendiri lalu dijual pindah ke tempat jin buang anak,” ujar Edy dalam pernyataannya yang diduga terkait pemindahan ibu kota.

“Pasarnya siapa? Kalau pasarnya kuntilanak, genderuwo, ngapain membangun di sana,” ujarnya lagi.

Dia kemudian menanyakan lokasi tempat tinggal kepada rekannya yang berada di sebelah kiri. Setelah menjawab tinggal di Gunung Sari, Edy kembali menyatakan tidak ada warga Jakarta yang mau tinggal di Penajam Paser Utara yang menjadi lokasi ibu kota baru.

“Mana mau pindah di Kalimantan Penajam Paser Utara beli rumah sana, mana maau?,” katanya.

“Hanya monyet, nda mau saya,” timpal rekannya.

Rekaman ini sontak menuai kecamatan netizen khususnya di Kaltim.

“Mohon maaf pak apakah bapak tau tempat Kalimantan saya ? Apakah perlu saya beberkan Kalimantan itu seperti apamohon untuk bicara bijak dan cerdas pak,”tulis akun @yunarizkia.

“Sy keberatan dgn ucapan orang ini. Penegak hukum harus cpt bertindak sebelum terlanjur. Penghinaan ini menyakitkan,”tulis akun edy_russani232.

“Tiati ngomongin kalimantan begitu , org sini kalo udh sakit hati bgt bisa menyakiti tanpa menyentuh,” timpal akun @_abllxc.

Dari informasi yang dihimpun, Edy Mulyadi disebut pernah mencalonkan diri sebagai legislator melalui Partai Keadilan Sejahtera (PKS) namun gagal. Dia juga disebut seorang wartawan di Forum News Network.

Sebelumnya, pria yang diduga bernama Edy Mulyadi tersebut sudah dilaporkan ke Polda Sulut atas dugaan pencemaran nama baik kepada Menteri Pertahanan Prabwo Subianto. 

Dia dilaporkan pengurus Gerinda Sulut dengan laporan polisi Nomor:LP/B/29/I/2022/SPKT/POLDA SULUT tanggal 22 Januari 2022 lantaran menyebut Prabowo macan mengeong.

Artikel ini telah dibaca 720 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Cawapres Koalisi Perubahan Sudah Final, Satu Nama Sudah Dikantong Anis

21 Juni 2023 - 12:12 WIB

Tolak Perpu Ciptaker Jadi UU, 15 Serikat Buruh Geruduk MK

11 Mei 2023 - 02:20 WIB

Terima Ketum Partai Golkar di Cikeas, AHY: Kita Butuh Kerja Sama Antar Kekuatan Politik Untuk Bangun Bangsa

30 April 2023 - 18:50 WIB

Lawan Moeldoko, Ketua Partai Demokrat Se-Indonesia Datangi Pengadilan

5 April 2023 - 11:59 WIB

Presiden Belum Siap Berikan Keterangan dalam Sidang Uji Formil Perpu Cipta Kerja

29 Maret 2023 - 22:26 WIB

Ibu Brigadir J Soal Vonis Mati Ferdy Sambo: Syukur kepada Tuhan

13 Februari 2023 - 17:03 WIB

Trending di Nasional