Menu

Mode Gelap
DPRD Barsel Sepakat Kepengurusan Dana Hibah Dikelola pada Dinas Bappeda Ketua Komisi I DPRD Barsel Harapkan Dukcapil Lebih Efektif pada Pemilu Tahun 2023 Mendatang Ingkar Janji, Pemkab HSU Berbalik Arah Tolak Eksekusi Putusan MA Pasar Alabio Jual BBM ke Wadah Jerigen, SPBU PT. Talenta Barito Jaya Disegel Pertamina Orang Ganguan Mental Diamankan Pol PP dan Damkar Kapuas

Nasional · 24 Sep 2021 09:04 WIB ·

Hasilkan Rp 8,8 Miliar Setahun dari YouTube, Alief Tetap Pilih Jadi Sopir


 Alief, YouTuber asal Ponorogo saat membuat konten video tutorial musik. Perbesar

Alief, YouTuber asal Ponorogo saat membuat konten video tutorial musik.

Hasilkan Rp 8,8 Miliar setahun, seorang YouTuber asal Ponorogo tetap memilih untuk menggeluti profesinya sebagai sopir.

Pria yang menjadi sorotan karena konten kreatif dalam akun Alip Ba Ta tersebut tetap tampil sederhana. Seperti dirinya semula sebelum menjadi konten kreator.

Berlatar belakang dinding sederhana, berkaos putih seraya mengisap rokok, Alif menampilkan konten video tutorial memainkan alat musik dengan tangan kiri dan kanan. Tampilannya serba sederhana.

Dibalik kesederhanaan itu, jangan menyangka, lewat YouTube, ia berhasil mendapatkan Rp 8,8 miliar dalam setahun. Dengan perhitungan seminggu Rp 10,78 – Rp 172, 13. Sementara sebulan terakhir jumlah viewersnya meningkat hingga ia berhasil meruap Rp 739, 76 juta.

Dalam setiap video unggahannya, ia terlihat pandai memainkan berbagai genre musik mulai dari gitar klasik, keroncong hingga campursari.

Selain gitar, ia bisa memainkan alat musik lain seperti seruling. Kemahirannya dalam membuat instrumen musik ini telah diacungkan jempol oleh berbagai musisi ternama.

Musisi lokal seperti Addie MS, Anji, Iwan Fals, Dewa Budjana memberikan pujian akan kecerdasannya ini. Tak sampai disana, ia juga mendapat pujian langsung dari sang maestro internasional seperti Igor Presnyakov.

“Sempurna kombinasi of two different musical instrument” ujar musisi asal Rusia lewat kolom komentar yang sebagian besar diisi oleh penonton luar negeri.

Meski telah berhasil membuat banyak orang terpukau, ia masih tampil sederhana dengan ciri khas tembok dan rokoknya. Akun YouTube-nya ia telah mendapat subscriber sebanyak 5 M dan pengunjung rutin di setiap video sebanyak 2 M – 4 M.

Ini adalah pencapaian luar biasa yang tidak bisa dengan mudah didapatkan orang banyak. Uniknya, setelah mendapat kesuksesan dari mulai penghasilan hingga sorotan dunia, ia tetap tidak menjadikan channel YouTube sebagai sumber mata pencahariannya.

Alief tetap memilih bekerja sopir forklift di wilayah Cakung, Jakarta Timur. Kekayaannya saat ini sama sekali tidak mengubah dirinya, ia masih terlihat sederhana dengan konten ala kadarnya. (Sumber: Profil Orang Sukses/Kumparan.com)

Artikel ini telah dibaca 36 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Cawapres Koalisi Perubahan Sudah Final, Satu Nama Sudah Dikantong Anis

21 Juni 2023 - 12:12 WIB

Tolak Perpu Ciptaker Jadi UU, 15 Serikat Buruh Geruduk MK

11 Mei 2023 - 02:20 WIB

Terima Ketum Partai Golkar di Cikeas, AHY: Kita Butuh Kerja Sama Antar Kekuatan Politik Untuk Bangun Bangsa

30 April 2023 - 18:50 WIB

Lawan Moeldoko, Ketua Partai Demokrat Se-Indonesia Datangi Pengadilan

5 April 2023 - 11:59 WIB

Presiden Belum Siap Berikan Keterangan dalam Sidang Uji Formil Perpu Cipta Kerja

29 Maret 2023 - 22:26 WIB

Ibu Brigadir J Soal Vonis Mati Ferdy Sambo: Syukur kepada Tuhan

13 Februari 2023 - 17:03 WIB

Trending di Nasional