Menu

Mode Gelap
DPRD Barsel Sepakat Kepengurusan Dana Hibah Dikelola pada Dinas Bappeda Ketua Komisi I DPRD Barsel Harapkan Dukcapil Lebih Efektif pada Pemilu Tahun 2023 Mendatang Ingkar Janji, Pemkab HSU Berbalik Arah Tolak Eksekusi Putusan MA Pasar Alabio Jual BBM ke Wadah Jerigen, SPBU PT. Talenta Barito Jaya Disegel Pertamina Orang Ganguan Mental Diamankan Pol PP dan Damkar Kapuas

Barito Selatan · 8 Nov 2021 21:12 WIB ·

Haris Sadikin : Wartawan Profesional Mesti Utamakan Kepentingan Publik


 Haris Sadikin : Wartawan Profesional Mesti Utamakan Kepentingan Publik Perbesar

BUNTOK – Guna mewujudkan insan pers yang profesional khususnya bagi para jurnalis yang tergabung dalam organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), hendaknya dalam menjalankan profesinya tetap berpegang teguh pada undang-undang 40 tahun 1999 tentang Pers dan kode etik jurnalistik.

Demikian hal yang tekankan Ketua PWI Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), H.M. Haris Sadikin, dalam sambutannya pada acara Pelantikan Ketua dan Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) masa bakti 2021 – 2024, dilangsungkan di Aula Setda Kantor Bupati, di Buntok, Senin (8/11).

Dituturkan oleh Ketua PWI Kalteng, bahwa sebagai sebuah organisasi profesi, PWI harus bisa menunjukkan kinerja baik terutama dalam hal penyajian berita, dengan demikian orang bisa melihat keberadaan kita. Sebab melalui pemberitaaan yang faktual, objektif dan berimbang suasana kondusif di tengah masyarakat tetap terjaga.

“Perlu diingat sebagai wartawan profesional, kita mesti dituntut agar selalu menyajikan naskah-naskah berita atau produk jurnalistik dengan mengutamakan nilai-nilai yang berpihak kepada kepentingan publik,” tekan Haris mengingatkan.

Dibagian lain, Haris pun meminta agar Pengurus PWI Barito Selatan, agar selalu menjaga nama baik dan moral organisasi. Menghindari perbuatan yang terindikasi hal-hal negatif dan tercela, apalagi sampai meminta-minta karena itu akan merusak marwah dan martabat organisasi.

“Saya berharap dengan pengurus PWI Barito Selatan yang baru dilantik, agar menjaga marwah, menjaga moral organisasi, kemudian melaksanakan agenda program kerja, dan yang terpenting bagaimana PWI mampu menciptakan wartawan-wartawan di Barito Selatan ini menjadi wartawan-wartawan yang profesional,” pungkasnya.

Sementara itu, ketua PWI Barito Selatan yang baru dilantik, Yulius M Sinaga kepada awak media menyampaikan harapan yang sama dengan Ketua PWI Kalteng, bahwa sesuai dengan visi misi kedepan pihaknya akan memfasilitasi dan menaungi anggota untuk bisa menjadi lebih profesional, dan bermartabat.

“Tentunya dengan profesionalime wartawan, hal ini sangat membantu semua pihak, terutama bisa menjadi acuan publik, dimana berita yang dipublikasikan dapat dipercaya, sebab telah berpedoman kepada ketentuan undang-undang pers dan kode etik jurnalistik,” pungkas Yulius.

Pada acara Pelantikan Ketua dan Pengurus PWI Barsel masa bakti 2021-2024 tersebut, tampak dihadiri Bupati Barsel, Eddy Raya Samsuri yang diwakili oleh Asisten I Setda, Yoga Prasetianto Utomo, Kapolres Barsel, Ketua Pengadilan Negeri, Kasi Intel Kejaksaan Negeri, para kepala dinas/ perwakilan SOPD, dan para tamu undangan lainnya. (GS)

Artikel ini telah dibaca 15 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Ketua DPRD Barsel Apresiasi Partisipasi Masyarakat dalam Pilkades

23 November 2022 - 20:44 WIB

Bamperda DPRD Barsel Rampungkan 3 Raperda

23 November 2022 - 19:23 WIB

Ketua Komisi II DPRD Barsel Minta Pemkab Perhatikan Akses Jalan Mantarem-Pendang

2 November 2022 - 19:55 WIB

Ketua Komisi II DPRD Barsel, Ensilawatika Wijaya.

November 2022, DPRD Barsel Fokus Selesaikan Ranperda APBD 2023

1 November 2022 - 20:22 WIB

Tahun 2023 Barito Selatan Dapat Tambahan Dana Bagi Hasil dari Pusat

1 November 2022 - 18:49 WIB

Polsek Gunung Bintang Awai Cek Peredaran Obat Sirop yang Ditarik BPOM

26 Oktober 2022 - 06:42 WIB

Trending di Barito Selatan