Menu

Mode Gelap
DPRD Barsel Sepakat Kepengurusan Dana Hibah Dikelola pada Dinas Bappeda Ketua Komisi I DPRD Barsel Harapkan Dukcapil Lebih Efektif pada Pemilu Tahun 2023 Mendatang Ingkar Janji, Pemkab HSU Berbalik Arah Tolak Eksekusi Putusan MA Pasar Alabio Jual BBM ke Wadah Jerigen, SPBU PT. Talenta Barito Jaya Disegel Pertamina Orang Ganguan Mental Diamankan Pol PP dan Damkar Kapuas

Barito Utara · 19 Mar 2023 22:36 WIB ·

Haji Amir Mahmud Nahkodai DAD Barito Utara


 Haji Amir Mahmud Nahkodai DAD Barito Utara Perbesar

MUARA TEWEH,Baritoinfo.com-Setelah melalui proses panjang sejak beberapa waktu lalu, estafet kepemimpinan Dewan Adat Dayak atau DAD Kabupaten Barito Utara periode 2023-2028 akhirnya dipercayakan kepada Haji Amir Mahmud.

Mantan anggota DPRD Barito Utara itu terpilih dalam proses Musyawarah Daerah (Musda) DAD Barut yang digelar di Hotel Armani, Muara Teweh, Sabtu 18 Maret 2023.

Bersaing dengan dua putra Dayak lainnya yakni Tomi Silvanus dan Melpadona, politisi yang hampir menjadi anggota DPR RI pada pileg 2019 lalu itu meraih enam suara dari rivalnya Tomi Sylvanus. Sedangkan Melpadona tanpa satu suara pun.

Usai terpilih sebagai ketua DAD Barut, pria yang dikenal dengan panggilan Haji Mahmud itu mengatakan amanah yang diberikan kepadanya sebagai pucuk pimpinan DAD Barito Utara adalah tanggung jawab yang harus diwujudkan demi masyarakat Dayak yang kokoh, kuat dan Bersatu.

“Secara pribadi, saya mengucapkan banyak terima kasih atas kepercayaan yang diberikan sebagai ketua DAD. Ini bukanlah kemenangan saya, tetapi kemenangan masyarakat adat Dayak semuanya. Dan kemenangan yang sesungguhnya ialah ketika nanti saya mampu mewujudkan visi dan misi saya sebagai ketua DAD Barut kedepan,” ujar Mahmud.

Tak hanya itu, Mahmud juga mengucapkan banyak terima kasih kepada para pengurus DAD yang lama yang sudah memberikan kontribusi positif bagi Lembaga DAD Barut selama ini.
“Apa yang baik akan dilanjutkan dan yang kurang tentunya akan dilengkapi demi masayrakat Dayak yang bersatu dan menjadi lebih baik,” ujarnya.

Saat ditanyakan secara spesifik terkait langkah konkretnya kedepan, Haji Mahmud menegaskan bahwa sesuai dengan visi misinya yang sudah disampaikan ialah membangun sinergitas dengan semua pihak, penguatan kelembagaan adat Dayak hingga pengadaan secretariat DAD yang sudah sekian lama tak punya.

“Sebagai lembaga adat tentunya harus bisa bersinergi dengan semua pihak dan juga penguatan kelembagaan,” ujarnya.

“ Selain itu yang menjadi prioritas juga ialah soal secretariat DAD yang sudah tujuh tahun tidak ada,” tambahnya.
Sebagaimana diketahui bahwa Musda DAD Barut ini dihadiri Wakil Ketua DAD Provinsi Kalteng Drs. Walter S Penyang beserta pengurus DAD Kalteng, unsur pengurus Caretaker DAD Barut, peninjau 24 orang dari Damang kepala adat/ tokoh agama tokoh masyarakat, pemilik suara 9 orang DAD kecamatan, satu suara dari Wakil DAD provinsi Kalteng dan 1 suara Caretaker DAD Barut, sehingga jumlah suara yang diperebutkan para calon sebanyak 11 suara.

Artikel ini telah dibaca 42 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Kades Bukit Sawit Masuk Radar Calon Wakil Bupati Barito Utara

31 Mei 2024 - 17:33 WIB

Pembobol Warung Sembako di Pinggir Jalan Lingkar Kota, Muara Teweh, Tertangkap CCTV

29 Mei 2024 - 16:31 WIB

Bupati Kapuas Sampaikan Jawaban Eksekutif Pada Rapat Paripurna

29 Juni 2022 - 19:21 WIB

Jual BBM ke Wadah Jerigen, SPBU PT. Talenta Barito Jaya Disegel Pertamina

13 Juni 2022 - 14:04 WIB

Dua Srikandi DPRD Barsel Optimis Pj Bupati Mampu Bekerjasama dalam Pembangunan Daerah

26 Mei 2022 - 21:53 WIB

Pemasyarakatan Bersih – Bersih, Lapas Muara Teweh Adakan Razia Gabungan Dalam Rangka Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-58

19 April 2022 - 21:51 WIB

Trending di Barito Utara