Menu

Mode Gelap
DPRD Barsel Sepakat Kepengurusan Dana Hibah Dikelola pada Dinas Bappeda Ketua Komisi I DPRD Barsel Harapkan Dukcapil Lebih Efektif pada Pemilu Tahun 2023 Mendatang Ingkar Janji, Pemkab HSU Berbalik Arah Tolak Eksekusi Putusan MA Pasar Alabio Jual BBM ke Wadah Jerigen, SPBU PT. Talenta Barito Jaya Disegel Pertamina Orang Ganguan Mental Diamankan Pol PP dan Damkar Kapuas

Kalimantan Tengah · 27 Jan 2023 12:07 WIB ·

Gubernur Kalteng Soal Pengurangan Penggunaan Batu Bara: Ini Tantangan Kedepan untuk Kalteng


 Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran. (FOTO: Dokumen Ist). Perbesar

Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran. (FOTO: Dokumen Ist).

PALANGKA RAYA,Baritoinfo.com-Adanya upaya antar negara di dunia mengurangi emisi karbor dengan pengurangan penggunaan batu bara sangat berpengaruh pada pendapatan daerah Provinsi Kalimantan Tengah mendatang. Hal ini disampaikan olej Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah, Yura Djalins, Kamis 26 Januari 2023.

“Perekonomian di Kalteng saat ini masih sangat bergantung pada industry kelapa sawit dan batu bara. Nanti dengan adanya pengurangan penggunaan batu bara maka akan berpengaruh pada pendapatan daerah,” ujar Yura.

Terhadap upaya pengurangan penggunaan batu bara, maka Kalteng sudah mulai menerapkan carbon trading sebagai sumber pertumbuhan ekonomi tanpa harus merusak hutan.

Soal kesepakatan pengurangan penggunaan batu bara yang dinilai dapat mempengaruhi pendatapan daerah, Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran secara terpisah mengatakan hal ini menjadi tantangan yang harus dihadapi ke depan.

“Ini tantangan yang akan dihadapi kedepan, tetapi sekaligus peluang untuk secara maksimal memanfaatkan potensi kekayaan alam lain yang luar biasa di Kalteng,” tutur Sugianto Sabran.

Lebih jelas politisi PDIP Perjuangan ini menuturkan pemanfaatkan kekayaan alam Kalteng dapat berupa pembangunan kawasan agrowisata.

“Manfaatkan potensi buah-buahan lokal seperti durian Katingan dan lain sebagainya,” ujarnya.

“Ada juga penyediaan film Forrest yakni pemanfaatan hutan yang telah secara alami ada dan tersebar di seluruh penjuru Kalimantan Tengah untuk menjadi sarana relaksasi dengan media hutan,” tuturnya lagi.

Artikel ini telah dibaca 99 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Isu ASN di Barsel Diduga Indisipliner dan Dilaporkan Wartawan ke Pj Bupati, Ketua IWO Kalteng: Tugas Wartawan Bukan Itu

21 Maret 2024 - 10:17 WIB

Kormi Barsel Pedana Gelar Lomba Festival olahraga Masyarakat 2023

6 November 2023 - 19:37 WIB

Penyerahan Trophy dan Tutup Acara Festival olahraga masyatakat 2023

6 November 2023 - 19:03 WIB

9 Bupati dan 1 Wali Kota di Kalteng Purna Tugas, Ini Nama 10 Pj Pengganti

24 September 2023 - 20:45 WIB

Ilustrasi.

Gubernur Kalteng Minta Beras Subsidi Jangan Ditimbun dan Main Harga

7 Februari 2023 - 05:56 WIB

Titi Wati, Perempuan Obesitas dengan Berat Badan Ratusan Kg Meninggal Dunia di Palangka Raya

30 Januari 2023 - 15:14 WIB

Trending di Kalimantan Tengah