Menu

Mode Gelap
DPRD Barsel Sepakat Kepengurusan Dana Hibah Dikelola pada Dinas Bappeda Ketua Komisi I DPRD Barsel Harapkan Dukcapil Lebih Efektif pada Pemilu Tahun 2023 Mendatang Ingkar Janji, Pemkab HSU Berbalik Arah Tolak Eksekusi Putusan MA Pasar Alabio Jual BBM ke Wadah Jerigen, SPBU PT. Talenta Barito Jaya Disegel Pertamina Orang Ganguan Mental Diamankan Pol PP dan Damkar Kapuas

Nasional · 27 Sep 2021 07:24 WIB ·

Google Ulang Tahun ke-23, Doodle-nya Berbentuk Kue Tart


 Doodle ulang tahun Google yang ke-23 berbentuk kue tart. Perbesar

Doodle ulang tahun Google yang ke-23 berbentuk kue tart.

Hari ini 27 September 2021 Google merayakan ulang tahun ke-23.

Dalam momentum hari jadi yang ke-23 ini, halaman mesin pencarian tampak berbeda dari hari-hari sebelumnya. Tampak sebuah kue tart yang di atasnya bertuliskan Google dengan warna pastel bermeses warna-warni.

Berkaitan dengan ulang tahun, tanggal ulang tahun Google sempat beberapa kali berubah. Baru pada tanggal 27 September 2006 Google mengumumkan hari jadinya seraya menyampaikan pencapaian jumlah halaman yang diindeks mesin pencari mereka.

Dikutip dari laman Wikipedia, Google resmi didirikan sebagai sebuah perusahaan pada 4 September 1998. Tapi, pada ulang tahunnya yang ke-5 atau tahun 2003, Google merayakan hari jadinya di tanggal yang berbeda, yakni 8 September.

Setahun kemudian, ulang tahun Google ke-6 dirayakan kembali di tanggal berbeda, yakni pada 7 September. Kemudian, pada 2005, hari ulang tahun Google kembali dirayakan di tanggal lain dari sebelumnya, 26 September.

Pada 2006, tanggal ulang tahun Google ditetapkan menjadi 27 September. Tanggal tersebut dipilih oleh Google sebagai hari jadinya agar perusahaan bisa mengumumkan pencapaian jumlah halaman yang berhasil diindeks oleh mesin pencarinya saat itu.

Di laman Doodle miliknya, Google menampilkan aneka gambar Doodle yang pernah dipakai untuk memperingati beberapa ulang tahun sebelumnya.

Sejarah Singkat Google

Pendirian Google berawal dari pertemuan Sergey Brin dan Larry Page. Keduanya adalah pendiri Google.

Dalam pertemuan awal itu, Larry dan Sergey memberi nama Googol. Sebuah istilah matematika untuk angka 1 yang diikuti oleh 100 angka nol.

Nama itu diambil untuk menjelaskan misi Google sebagai gudang informasi tak terbatas di internet.

Akan tetapi, para investor rupanya salah mengeja nama Googol menjadi Google, dan telanjur menuliskannya dalam cek dan berbagai dokumen.

Hal itu membuat Page dan Brin akhirnya “terpaksa” menggunakan nama Google untuk teknologi mesin pencari mereka hingga sekarang.

Di laman Google Doodle, hingga hari ini ada miliaran pencarian di mesin pencarian Google dengan lebih dari 150 bahasa yang dilakukan pengguna di seluruh dunia.

Dulu, server pertama Google berloaksi do lemari yang terbuat dari balok mainan. Namun kini, dengan miliaran pengguna, Google memiliki lebih dari 20 pusat data di seluruh dunia.

Selamat ulang tahun Google!

Artikel ini telah dibaca 10 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Mardani Maming Lawan Kriminalisasi Via Pra Peradilan, KPK Tidak Siap dan Mangkir Sidang

12 Juli 2022 - 14:11 WIB

Dipimpin AHY, Elektabilitas Demokrat Naik Lagi Capai 11,6 Persen di Survei Kompas

21 Juni 2022 - 22:53 WIB

Takziah ke Rumah Ridwan Kamil, AHY Sampaikan Belasungkawa

9 Juni 2022 - 11:17 WIB

Diduga Lecehkan Institusi Polri, Alvin Liem akan Dilaporkan ke Mabes Polri

19 April 2022 - 21:48 WIB

Pererat Sinergi, Dandim 0503/Jakarta Barat Silaturahmi Dengan Insan Media

19 April 2022 - 21:20 WIB

Taklimat Akhir Pengawasan Internal Post Audit Itdam III/Siliwangi di Korem 064/MY

19 April 2022 - 21:18 WIB

Trending di Kabar Daerah