Menu

Mode Gelap
DPRD Barsel Sepakat Kepengurusan Dana Hibah Dikelola pada Dinas Bappeda Ketua Komisi I DPRD Barsel Harapkan Dukcapil Lebih Efektif pada Pemilu Tahun 2023 Mendatang Ingkar Janji, Pemkab HSU Berbalik Arah Tolak Eksekusi Putusan MA Pasar Alabio Jual BBM ke Wadah Jerigen, SPBU PT. Talenta Barito Jaya Disegel Pertamina Orang Ganguan Mental Diamankan Pol PP dan Damkar Kapuas

Barito Selatan · 18 Mei 2022 21:46 WIB ·

Evaluasi Kesiapan Pilkades Serentak, DPRD Barsel Gelar RPD


 Evaluasi Kesiapan Pilkades Serentak, DPRD Barsel Gelar RPD Perbesar

BUNTOK – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Kalimantan Tengah menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) terkait pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di aula DPRD setempat, Rabu (18/5/2022).

“Kami melaksanakan RDP bersama DSPMD Barsel terkait pilkades serentak di barito selatan, bagaimana kesiapan mereka terkait pilkades serentak ini,” ujar Ketua DPRD Barsel, HM Farid Yusran, usai memimpin rapat.

Terkait dengan pilkades ini, kata Farid Yusran, banyak kegiatan itu tidak terakomodir anggarannya.

“Makanya kita minta DSMPD Barsel agar melakukan interventarisasi kembali kegiatan apa saja yang wajib dilaksanakan, sehubungan dengan pilkades itu,” ungkap Farid.

“Kalau ada tahapan tidak dilaksanakan, kalau terjadi sengketa, ada yang menggugat, satu tahapan tidak dilaksanakan maka pilkades itu akan batal, kalau batal bisa mengakibatkan pemborosan anggaran,” sambung Farid.

Maka dari hal itu, untuk mengikuti pilkades ini harus mengikuti tahapan demi tahapan. Karena melaksanakan pilkades ini panitia penyelenggara yang dibentuk BPD harus melakukan tahapan yakni pendaftaran pemilih, sampai DPT kalau sudah selesai, baru panitia pelaksana menerima berkas calon sesuai undang-undang yang berlaku.

“Kalau semuanya sesuai tahapan tidak ada celak untuk terjadi sengketa pilkades untuk meminta dilaksanakan pemungutan ulang, contoh seperti sengketa pilkades tempo dulu yang terjadi di Desa Kelanis, Muara Singan, hal hal seperti itu agar jangan terulang kembali lagi,” jelas Farid.

“Maka, DSPMD harus memberikan masukan kepada panitia pelaksana dengan beberapa tahapan-tahapan agar tidak terjadi seperti kejadian sebelumnya,” harap Farid.

Artikel ini telah dibaca 15 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

DPRD Barsel Minta Kades dan BPD yang Baru Dilantik Bekerja Maksimal

19 Juli 2024 - 06:24 WIB

Ketua DPRD Barsel Harapkan 6 Pejabat yang Dilantik Bekerja dengan Baik

19 Juli 2024 - 06:21 WIB

DPRD Barsel Berharap Pemkab Cepat Tanggap Terhadap Setiap Persoalan di Masyarakat

19 Juli 2024 - 05:42 WIB

Pemkab Barsel Diharapkan Maksimalkan Capaian Program Kerja Tahun 2024

19 Juli 2024 - 05:37 WIB

Kearifan Lokal di Barsel Diharapkan Bisa Diberdayakan Maksimal

19 Juli 2024 - 05:33 WIB

Sering Gelar Pasar Murah, Pemkab Barsel Dapat Apresiasi dari DPRD

19 Juli 2024 - 05:29 WIB

Trending di Barito Selatan