Menu

Mode Gelap
DPRD Barsel Sepakat Kepengurusan Dana Hibah Dikelola pada Dinas Bappeda Ketua Komisi I DPRD Barsel Harapkan Dukcapil Lebih Efektif pada Pemilu Tahun 2023 Mendatang Ingkar Janji, Pemkab HSU Berbalik Arah Tolak Eksekusi Putusan MA Pasar Alabio Jual BBM ke Wadah Jerigen, SPBU PT. Talenta Barito Jaya Disegel Pertamina Orang Ganguan Mental Diamankan Pol PP dan Damkar Kapuas

Hukum-Kriminal · 16 Feb 2023 11:36 WIB ·

Emas Palsu dan Literasi Masyarakat Kita: Sebuah Catatan Redaksi


 Ilustrasi, Perbesar

Ilustrasi,

BUNTO,Baritoinfo.com-Kasus penjualan dan pembelian emas palsu yang terjadi di Bangkuang, Barito Selatan, Kalimantan Tengah mungkin satu dari sekian banyak kasus emas palsu yang terjadi di Bumi Tambung Bungai umumnya dan wilayah DAS Barito khususnya. Ada yang sudah terungkap dan mungkin masih banyak yang berkeliaran.

Jual beli perhiasan dari logam mulia yang dipalsukan itu bukan semata dilihat sebagai tindakan kriminal. Ada korban yang dirugikan dan ada pelaku yang diuntungkan itu iya. Lalu ada polisi hingga hakim yang menyelidiki sampai mengadili itu betul. Apakah hanya itu, tentu tidak!

Emas itu salah satu alat investasi yang paling banyak digemari. Untuk bisa membeli atau berinvestasi emas dalam bentuk apapun orang membanting tulang. Ya memeras keringat itu pasti. Lalu mau kah kita bekerja keras dan memeras keringat untuk membeli emas palsu atau tertipu dengan emas palsu, tentu tidak mau. Ya disini kita butuh yang namanya literasi tentang investasi emas.

Literasi tentang investasi emas untuk kita masyarakat biasa tidak harus sama dengan mereka yang konglomerat dan selevelnya. Mampu membedakan mana emas palsu dan mana emas asli itu sudah cukup. Kita sudah lolos dari tipu-tipu penjual emas palsu. (Yulius/Red).

Artikel ini telah dibaca 71 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Polda Kalteng Berhasil Tangani 14 Kasus Hoaks Selama 5 Bulan

31 Mei 2024 - 07:44 WIB

Pembobol Warung Sembako di Pinggir Jalan Lingkar Kota, Muara Teweh, Tertangkap CCTV

29 Mei 2024 - 16:31 WIB

Tak Bayar Utang Rokok 17 Ribu, Pria di Palangka Raya Diposting Sudah Meninggal

28 Mei 2024 - 20:38 WIB

Diduga Publikasikan Berita Fitnah, Oknum Wartawan Media Online Tampahan Dipolisikan PD IWO Barsel

23 Mei 2024 - 18:02 WIB

Diduga Cemarkan Nama Baik IWO Barsel, Oknum Wartawan Tampahan.Com Bakal Dipolisikan

21 Mei 2024 - 21:08 WIB

Terduga Bandar Narkoba di Barsel Diringkus BNNP Kalsel

4 Maret 2024 - 08:32 WIB

Trending di Hukum-Kriminal