Menu

Mode Gelap
DPRD Barsel Sepakat Kepengurusan Dana Hibah Dikelola pada Dinas Bappeda Ketua Komisi I DPRD Barsel Harapkan Dukcapil Lebih Efektif pada Pemilu Tahun 2023 Mendatang Ingkar Janji, Pemkab HSU Berbalik Arah Tolak Eksekusi Putusan MA Pasar Alabio Jual BBM ke Wadah Jerigen, SPBU PT. Talenta Barito Jaya Disegel Pertamina Orang Ganguan Mental Diamankan Pol PP dan Damkar Kapuas

Nasional · 13 Nov 2021 08:55 WIB ·

Dukung Wartawan Berkompeten, MZK Institute Adakan UKW di Kutai Timur, Kaltim


 Dukung Wartawan Berkompeten, MZK Institute Adakan UKW di Kutai Timur, Kaltim Perbesar

KUTAI TIMUR – Lembaga Pelatihan Kerja Mediatama Zeine Kutuby Institute atau LPK MZK Institute mengadakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Kutai Timur, Kalimantan Timur pada 13-14 November 2021.

UKW ini diadakan atas kolaborasi MZK Institute dengan Aliansi Jurnalis Kutai Timur (AJKT) yang diuji oleh PT Aksara Solopos. Pengadaan UKW ini bertujuan untuk menyiapkan wartawan agar berkompetensi dan bisa memahami secara total profesi mereka.

“UKW ini sebagai bentuk untuk mengukur diri kita sebagai wartawan. Maka, maksimalkan ujian dan kemampuannya,” kata Martha selaku Direktur MZK Institute dalam sambutan pembukaan UKW Kutai Timur Sabtu, 13 November 2021.

Selain untuk mengukur diri, profesi wartawan ini juga sebagai bentuk untuk unjuk diri kepada khalayak umum agar dipercaya publik.

Sebab, sesuai dengan indeks kepercayaan masyarakat terhadap profesi, wartawan adalah profesi yang kurang dipercaya masyarakat.

“Saya membaca indeks kepercayaan publik terhadap profesi. Saya melihat bahwa kepercayaan publik terhadap profesi wartawan itu rendah,” kata Syifaul Arifin selaku Koordinator Tim Penguji Solopos Institute.

Lebih lanjut, Syifaul mengatakan pengadaan Uji Kompetensi Wartawan ini tak lain dan tak bukan untuk menarik kepercayaan publik kepada wartawan, sehingga di lapangan bisa diturunkan wartawan-wartawan yang berkompetensi dan lebih dipercaya oleh masyarakat.

 

Reporter: Martha Syaflina

Editor: Khoirul Anam

Artikel ini telah dibaca 8 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Presiden Jokowi Sampaikan Duka untuk Korban Gempa di Turki dan Suriah

7 Februari 2023 - 06:09 WIB

2 Warga Negara Indonesia Jadi Korban Gempa di Turki

7 Februari 2023 - 06:05 WIB

Gempa 7,8 M Melanda Turki: 284 Orang Tewas dan Ribuan Luka-luka

7 Februari 2023 - 06:00 WIB

Gunung Anak Krakatau Erupsi

23 Januari 2023 - 08:44 WIB

Erupsi gunung anak krakatau.

Survei LSI Terkait Elektabilitas Capres: Ganjar Melenggang Jauh atas Anies dan Prabowo

23 Januari 2023 - 08:11 WIB

Hasil survei LSI yang menunjukkan Ganjar Pranowo unggul jauh dibandingkan dengan Anies Baswedan Pertahanan Prabowo Subianto, Minggu (22/1/2023). Foto: Dok. Istimewa

Mardani Maming Lawan Kriminalisasi Via Pra Peradilan, KPK Tidak Siap dan Mangkir Sidang

12 Juli 2022 - 14:11 WIB

Trending di Hukum-Kriminal