Menu

Mode Gelap
DPRD Barsel Sepakat Kepengurusan Dana Hibah Dikelola pada Dinas Bappeda Ketua Komisi I DPRD Barsel Harapkan Dukcapil Lebih Efektif pada Pemilu Tahun 2023 Mendatang Ingkar Janji, Pemkab HSU Berbalik Arah Tolak Eksekusi Putusan MA Pasar Alabio Jual BBM ke Wadah Jerigen, SPBU PT. Talenta Barito Jaya Disegel Pertamina Orang Ganguan Mental Diamankan Pol PP dan Damkar Kapuas

Palangka Raya · 14 Nov 2021 16:23 WIB ·

DPRD Minta Pemkot Palangka Raya Segera Beri Bantuan ke Korban Banjir


 Ketua Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Beta Syailendra. FOTO: AntaraKalteng/Adi Wibowo. Perbesar

Ketua Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Beta Syailendra. FOTO: AntaraKalteng/Adi Wibowo.

PALANGKA RAYA – Ketua Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Beta Syailendra mengingatkan sekaligus meminta kepada pemerintah setempat, agar segera melaksanakan protokol tanggap darurat terhadap korban banjir luapan air Sungai Kahayan.

“Protokol tanggap darurat yang kami minta itu adalah seperti mendirikan posko, dapur umum penyaluran bantuan sosial dan tempat mandi serta kamar kecil bagi pengungsi akibat banjir,” kata Beta saat dihubungi dari Palangka Raya, Minggu.

Selain itu, lanjut dia, pelayanan air bersih dan kesehatan juga harus diperhatikan oleh pemerintah setempat. Mengingat bencana alam tersebut beberapa bulan yang lalu juga melanda warga setempat.

Bahkan pemerintah sempat mengeluarkan surat tanggap darurat, sehingga membangun posko di sejumlah wilayah yang pemukiman warganya terendam luapan air sungai setempat.

“Dengan adanya air bersih, dapur umum dan pelayanan kesehatan bagi warga yang mengungsi akibat banjir serta yang tidak mengungsi, tentunya kesehatan warga akan terpantau,” ucapnya.

Dia menambahkan, biasanya dengan adanya bencana alam seperti itu penyakit yang muncul seperti penyakit kulit gatal-gatal, flu serta lain sebagainya akan muncul karena kondisi cuaca. Maka dari itu, diharapkan pemkot melalui Badan Penanggulangan Bencana dan Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya, segera bergerak untuk membantu warga.

“Semoga saja apa yang kami sampaikan ini di dengar dan cepat direspon oleh pemkot, sehingga masyarakat yang menjadi korban banjir merasa diperhatikan oleh pemkot,” ungkapnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, dengan kondisi cuaca yang cukup ekstrim dalam beberapa hari ini membuat sungai  yang berada di ‘Kota Cantik’ julukan Palangka Raya mengalami peningkatan debit. Bahkan, belasan kelurahan juga terdampak dari bencana banjir yang selama ini memang menjadi langganan daerah tersebut, namun kali ini debit air naik dan merendam pemukiman warga hanya dalam waktu beberapa hari saja.

Sejumlah relawan dibantu pihak Kecamatan Pahandut yang berada di Jalan Ahmad Yani mengevakuasi seorang nenek ke tempat penampungan sementara, karena rumahnya terdampak banjir.

 

ANTARA

Artikel ini telah dibaca 7 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Ternyata ini Motif Pelaku Pemukulan di SPBU Palangka Raya

30 Mei 2022 - 23:13 WIB

Polisi Hentikan Acara Live Musik DJ di Palangka Raya

30 Mei 2022 - 12:02 WIB

Polisi Ringkus Terduga Pelaku Penganiayaan di SPBU Palangka Raya

29 Mei 2022 - 00:10 WIB

Curi Sawit Lalu Jual ke Penadah, 3 Pria Ini Ditangkap Polisi

24 Januari 2022 - 23:24 WIB

3 pelaku pencurian sawit dan penadah saat ditangkap polisi. (Foto: Dokumen Polisi).

Beli Sawit dari Para Pencuri, Pria Ini Ditangkap Polisi

22 Januari 2022 - 18:44 WIB

Penadah hasil pencurian sawit beserta barang bukti saat diamankan oleh Polsek Rakumpit. (FOTO: Dokumen Ist).

Diduga Minum Pemutih Pakaian, Pria di Palangka Raya Nyaris Tewas

21 Januari 2022 - 19:23 WIB

Ilustrasi pemutih pakaian/Kompas.com.
Trending di Palangka Raya