Menu

Mode Gelap
DPRD Barsel Sepakat Kepengurusan Dana Hibah Dikelola pada Dinas Bappeda Ketua Komisi I DPRD Barsel Harapkan Dukcapil Lebih Efektif pada Pemilu Tahun 2023 Mendatang Ingkar Janji, Pemkab HSU Berbalik Arah Tolak Eksekusi Putusan MA Pasar Alabio Jual BBM ke Wadah Jerigen, SPBU PT. Talenta Barito Jaya Disegel Pertamina Orang Ganguan Mental Diamankan Pol PP dan Damkar Kapuas

Barito Selatan · 11 Okt 2022 05:09 WIB ·

DPRD Barsel Soal Pendataan Penduduk: Sejatinya Ketua RT dan RW Dilibatkan


 Ketua Komisi I DPRD Barsel Jarliansyah. Perbesar

Ketua Komisi I DPRD Barsel Jarliansyah.

BUNTOK-Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Barito Selatan, Jarliansyah berharap agar pemerintah kabupaten Barsel dalam hal pendataan penduduk harus melibatkan ketua RT dan RW.

“Harapan kita ya Pemkab melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Barsel untuk selalu libatkan ketua RT dan RW dalam setiap pendataan jumlah penduduk,” ujar Jarliansyah, Kamis (6/10).

Jarliansyah menerangkan bahwa keterlibatan para ketua RT dan RW dalam setiap pendataan jumlah penduduk dianggap penting karena mereka lebih mengenal dan mengetahui penduduknya.

“Sejatinya para Ketua RT dan RW itu lebih paham dan kenal dengan warganya. Baik yang masih hidup, baru melahirkan maupun yang sudah meninggal atau yang sudah pindah maupun yang datang tentunya mereka mengetahui,” terang Jarliansyah.

Lebih jauh, politisi PDIP ini menjelaskan pendataan penduduk yang dilakukan secara tepat tentunya akan membuat data kependudukan Barito Selatan lebih akurat dan tidak menimbulkan perbedaan data antar instansi kedepan.

“Kalau pendataan penduduk dilakukan akurat tentunya hak-hak masyarakat berupa bantuan dan lainnya yang disalurkan oleh pemerintah akan tersalurkan dengan baik,” ujarnya.

“Pendataan penduduk itu juga sangat erat kaitannya dengan hak politik masyarakat nanti. Kalau terdata tentunya bisa memilih dan tentunya juga berpengaruh pada data pemilih dan pembagian kursi Dapil dan lain sebagainya,” tambahnya.

Tak hanya akurat, Jarliansyah menambahkan bahwa keterlibatan ketua RT dan RW membuat pendataan penduduk yang dilakukan oleh dinas terkait dapat dipertanggungjawabkan.

 

Artikel ini telah dibaca 14 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

DPRD Barsel Minta Kades dan BPD yang Baru Dilantik Bekerja Maksimal

19 Juli 2024 - 06:24 WIB

Ketua DPRD Barsel Harapkan 6 Pejabat yang Dilantik Bekerja dengan Baik

19 Juli 2024 - 06:21 WIB

DPRD Barsel Berharap Pemkab Cepat Tanggap Terhadap Setiap Persoalan di Masyarakat

19 Juli 2024 - 05:42 WIB

Pemkab Barsel Diharapkan Maksimalkan Capaian Program Kerja Tahun 2024

19 Juli 2024 - 05:37 WIB

Kearifan Lokal di Barsel Diharapkan Bisa Diberdayakan Maksimal

19 Juli 2024 - 05:33 WIB

Sering Gelar Pasar Murah, Pemkab Barsel Dapat Apresiasi dari DPRD

19 Juli 2024 - 05:29 WIB

Trending di Barito Selatan