Menu

Mode Gelap
DPRD Barsel Sepakat Kepengurusan Dana Hibah Dikelola pada Dinas Bappeda Ketua Komisi I DPRD Barsel Harapkan Dukcapil Lebih Efektif pada Pemilu Tahun 2023 Mendatang Ingkar Janji, Pemkab HSU Berbalik Arah Tolak Eksekusi Putusan MA Pasar Alabio Jual BBM ke Wadah Jerigen, SPBU PT. Talenta Barito Jaya Disegel Pertamina Orang Ganguan Mental Diamankan Pol PP dan Damkar Kapuas

Kapuas · 28 Jun 2024 15:28 WIB ·

Disarpustaka Kabupaten Kapuas Kaji Naskah Kuno di DKI Yogyakarta


 Disarpustaka Kabupaten Kapuas Kaji Naskah Kuno di DKI Yogyakarta Perbesar

BARITOINFO,KUALA KAPUAS – Naskah Kuno (manuskrip) yang bernilai penting bagi peradaban, sejarah, kebudayaan dan ilmu pengetahuan menjadi kajian Kadisarpustaka Kapuas yang tergabung dalam rombongan Studi Kaji Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispursip) Provinsi Kalimantan Tengah.

“Saya bersama sejumlah Kadisarpustaka Kabupaten/Kota dan Plh.Kadispursip Kalteng dan rombongan tekun pelajari tentang Naskah Kuno pada Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Istimewa Yogyakarta” rilis H.Suwarno Muriyat, Rabu 26 Juni 2024.

Terungkap diskusi yang dipandu Kepala Balai DPAD DIY Dewi Ambarwati,S.Sos.MAP, bahwa Undang-Undang Nomor 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan pada pasal 6 ayat 1 (b) masyarakat berkewajiban untuk menyimpan, merawat, melestarikan naskah kuno yang dimilikinya dan mendaftarakannya ke Perpustakaan Nasional.

Sedangkan perlindungan naskah kuno lanjut H. Suwarno Muriyat merupakan upaya untuk menjaga keberlanjutan kebudayaan bangsa Indonesia dengan cara inventarisasi, pengamanan, pemeliharaan, penyelamatan dan publikasi naskah nusantara kepada masyarakat di dalam maupun luar negeri.

“Tindaklanjut dari studi kaji ini, kami akan bersinergi dan kolaborasi dengan berbagai pihak terkait dengan membuat kesepakatan bersama MoU, juga pro-aktif mendaftarkan naskah kuno, pendampingan dan edukasi kepada masyarakat.

Serta mempublikasikan naskah kuno/nusantara sebagai implementasi sumber pengetahuan dan budaya dalam pelaksanaan Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS)” pungkas H. Suwarno Muriyat. (hmsdkp/hmskmf/Red)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

LASQI Kapuas Turut Berpartisipasi Memeriahkan Kapuas Bersholawat

30 Juni 2024 - 03:13 WIB

Pj Bupati Kapuas Lepas Kotingen Pesparawi ke Pulang Pisau

30 Juni 2024 - 03:01 WIB

Pj Bupati Kapuas Ikut Fun Bike Polres Kapuas

30 Juni 2024 - 02:49 WIB

Pj Bupati Kapuas Blusukan ke Pasar Rabu Palingkau

30 Juni 2024 - 02:27 WIB

Ribuan Masyarakat Padati Kapuas Bersholawat di Stadion Panunjung Tarung

28 Juni 2024 - 15:20 WIB

Pj Bupati Kapuas Hadiri Rangkaian HUT ke 78 Bhayangkara Tahun 2024

28 Juni 2024 - 15:12 WIB

Trending di Kapuas