Menu

Mode Gelap
DPRD Barsel Sepakat Kepengurusan Dana Hibah Dikelola pada Dinas Bappeda Ketua Komisi I DPRD Barsel Harapkan Dukcapil Lebih Efektif pada Pemilu Tahun 2023 Mendatang Ingkar Janji, Pemkab HSU Berbalik Arah Tolak Eksekusi Putusan MA Pasar Alabio Jual BBM ke Wadah Jerigen, SPBU PT. Talenta Barito Jaya Disegel Pertamina Orang Ganguan Mental Diamankan Pol PP dan Damkar Kapuas

Lifestyle · 16 Sep 2021 21:58 WIB ·

Dimarahi Menteri Sosial Terkait Bantuan, Kadinsos Katingan: Ibu Menteri Keliru


 Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini saat memarahi Kadinsos Katingan, Elmon Sianturi dalam kunjungannya ke Katingan, Kalteng, Kamis (16/9). Perbesar

Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini saat memarahi Kadinsos Katingan, Elmon Sianturi dalam kunjungannya ke Katingan, Kalteng, Kamis (16/9).

KATINGAN-Dalam lawatan ke Kabupaten Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah, Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini menemukan adanya warga setempat yang tidak mendapatkan bantuan. Entahlah bantuan apa dan yang mana. Intinya ada warga yang mengakui tak mendapat bantuan.

Atas pengakuan warga yang ditemui di tenda pengungsian banjir, Mensos RI langsung geram. Dihadapan sejumlah pejabat dan warga, politisi PDIP tersebut langsung memarahi Kepala Dinas Sosial, Elmon Sianturi.

Tak tanggung-tanggung kadis dinilai tidak bisa komunikasi. Video kemarahan mantan Wali Kota Surabaya itu divideokan warga dan tersebar di media sosial.

Dalam video berdurasi 34 detik tersebut tampak Mensos Risma berdialog dengan warga. Diduga karena ada warga yang mengeluh belum mendapatkan bantuan, Mensos langsung mengatakan ke Kadinsos terkait keluhan tersebut.

“Pak kadis ini loh. Ngga ada yang terima ni, ku tanya,” ujar Risma dalam video tersebut.

Mendengar pernyataan politisi PDIP itu, pria berbaju putih dalam video tersebut yang adalah Kadinsos Katingan, Elmon Sianturi, langsung meminta maaf. Selain itu, ia juga menyebutkan kekurangan jatah bantuan yang diperoleh di daerahnya.

“Jadi mohon maaf Bu, jatah yang kita terima hanya sedikit,” sahut Kadis ke Mensos.

Siapa ngomong bapak itu, ngomong jatah, siapa yang ngomong,” tanya Risma memotong pembicaraan Kadinsos.

Kepada Elmon, Mensos Risma mengatakan bahwa dirinya telah menambah usulan daerah sebanyak 5,9 juta usulan. Jika tidak diusulkan artinya salah Kadinsos.

“Bapak tahu. Saya nambah 5,9 juta usulan daerah. Kalau bapak tidak manfaatkan itu salah bapak,” terang Risma sambil menunjuk ke Kadinsos.

Menanggapi apa yang dikatakan Mensos, Kadinsos Katingan mengatakan bahwa pihaknya mendapat dalam jumlah yang tidak banyak.

“Yang kami dapat itu bu dalam jumlah yang tidak banyak,” sahut Kadinsos.

“Astaghfirullah, pak. Bapak bisa ngusulkan. Bapak tidak bisa komunikasi berarti,” sahut Risma lagi.

Berkaitan dengan kemarahan Risma tersebut, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Katingan, Elmon Sianturi saat dihubungi via telepon mengatakan kemarahan Mensos Risma dinilai keliru.

“Saya katakan kemarahan Bu Menteri itu keliru. Hal ini karena permasalahan yang menjadi penyebab kemarahan itu belum ditelusuri dengan baik. Masalah bantuan yang mana. Apakah PKH atau bantuan untuk korban banjir dari Kementerian Sosial,” ujar Elon

Elmon menjelaskan bahwa jika kemarahan tersebut terkait dengan Program Keluarga Harapan (PKH), pihak Dinsos Katingan sudah melakukan pendataan secara baik dan sesuai dengan prosedur yang berlaku.

“Kalau untuk PKH itu ada mekanisme nya yang harus kita lakukan. Ada syarat-syaratnya. Itu semua sudah kita lakukan sesuai sistemnya,” ujarnya.

Lanjutnya, jika kemarahan Mensos terkait bantuan untuk korban banjir dari Kementerian, Elmon menegaskan jatah yang diterima oleh Kabupaten Katingan hanya sedikit.

“Jatah bantuan dari Kementerian untuk korban banjir itu tidak banyak. Hanya sedikit. Tidak semua dapat. Kalau mau semua dapat ya tambahin dong jatahnya dari Kementerian,” tegas Elmon sedikit kesal.

Selain kedua hal tersebut, Elmon juga meminta kepada pihak Kementerian agar mempercepat penyaluran bantuan dari pusat ke Kabupaten, sehingga pendistribusiannya pun cepat ke masyarakat.

“Seperti kemarin itu boleh dibilang lama, karena banjir Katingan sudah parah baru bantuannya muncul. Ini menjadi evaluasi lah ke depan,” pinta Elmon.

Sebagaimana diketahui bahwa pada hari ini, Kamis 16 September, Mensos RI Tri Rismaharini melakukan kunjungan ke Palangka Raya dan Katingan. Politisi PDIP ini meninjau banjir dan memberikan sejumlah bantuan kepada para korban yang terdampak banjir.

View this post on Instagram

A post shared by Baritoinfo.com (@baritoinfo.c0m)

Artikel ini telah dibaca 88 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Mardani Maming Lawan Kriminalisasi Via Pra Peradilan, KPK Tidak Siap dan Mangkir Sidang

12 Juli 2022 - 14:11 WIB

Dipimpin AHY, Elektabilitas Demokrat Naik Lagi Capai 11,6 Persen di Survei Kompas

21 Juni 2022 - 22:53 WIB

Takziah ke Rumah Ridwan Kamil, AHY Sampaikan Belasungkawa

9 Juni 2022 - 11:17 WIB

Diduga Lecehkan Institusi Polri, Alvin Liem akan Dilaporkan ke Mabes Polri

19 April 2022 - 21:48 WIB

Pererat Sinergi, Dandim 0503/Jakarta Barat Silaturahmi Dengan Insan Media

19 April 2022 - 21:20 WIB

Taklimat Akhir Pengawasan Internal Post Audit Itdam III/Siliwangi di Korem 064/MY

19 April 2022 - 21:18 WIB

Trending di Kabar Daerah