Menu

Mode Gelap
DPRD Barsel Sepakat Kepengurusan Dana Hibah Dikelola pada Dinas Bappeda Ketua Komisi I DPRD Barsel Harapkan Dukcapil Lebih Efektif pada Pemilu Tahun 2023 Mendatang Ingkar Janji, Pemkab HSU Berbalik Arah Tolak Eksekusi Putusan MA Pasar Alabio Jual BBM ke Wadah Jerigen, SPBU PT. Talenta Barito Jaya Disegel Pertamina Orang Ganguan Mental Diamankan Pol PP dan Damkar Kapuas

Barito Selatan · 15 Okt 2021 10:59 WIB ·

Dibalik Peresmian TPA Modern di Barsel, Ini Harapan Bupati


 Peresmian TPA Rikut Jawu oleh Bupati Barsel Perbesar

Peresmian TPA Rikut Jawu oleh Bupati Barsel

BUNTOK – Sebagai upaya mewujudkan ibu kota kabupaten yang bersih dan sehat, pemkab Barito Selatan selangkah lebih maju dalam memaksimalkan pendaurulangan sampah, baik organik dan anorganik dengan memanfaatkan teknologi pengolahan sampah modern.

Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Sampah dan Infrastruktur Berbasis Masyarakat (IBM) Kabupaten Barito Selatan tahun 2021 yang beroperasi di Rikut Jawu, Desa Sababilah akhirnya diresmikan secara langsung oleh Bupati Barsel, didampingi Wakil Bupati daerah setempat, pada Kamis (14/10).

Bupati Barsel H. Eddy Raya Samsuri mengatakan, bahwa TPA yang baru diresmikan berbasis teknologi modern tersebut menjadi yang pertama di DAS Barito.

“Kita harus bersyukur dan sepatutnya pula berbangga, sebab di DAS Barito masih Barsel ini yang memiliki TPA Modern. Dalam rangka untuk mempercantik kabupaten kita,” ucapnya kepada awak media, Kamis (14/10).

Dengan beroperasinya TPA ini lanjut dia, tentunya sangat diharapkan untuk dapat dimanfaatkan secara luas oleh masyarakat dan pihak terkait, terutama dalam meningkatkan kebersihan kota, yang merupakan barometer kabupaten serta pemanfaatan sampah agar bisa diproses daur ulang.

“Sejatinya TPA dan IBM ini merupakan program dari pemerintah pusat dan provinsi, yang mana tujuannya untuk memaksimalkan kabupaten agar terbebas dari sampah,” tandas pria yang juga menjabat ketua KONI Kalteng ini.

Disampaikan Eddy Raya, usia dari TPA diperkirakan dapat efektif bertahan selama 10 tahun, namun itupun tergantung bagaimana pengoperasiannya.

“Nanti dari sumbernya, sampah menurut jenisnya itu juga harus dikurangi. Disortir dulu sebelum sampai di TPA ini,” ungkapnya.

Lebih jauh lagi, orang nomor satu di Kabupaten berjuluk Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini berharap, bahwa dengan dukungan TPA pihaknya semakin optimis mengejar adipura.

“Karena, dengan beroperasinya TPA modern, peluang kita, Barsel semakin besar untuk meraih penghargaan adipura,”demikian tutupnya. (GS)

Artikel ini telah dibaca 16 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Penetapan KUA PPAS Tahun 2023 Dalam Rapat Paripurna DPRD Barsel

8 Agustus 2022 - 21:20 WIB

DPRD Barsel Sepakat Kepengurusan Dana Hibah Dikelola pada Dinas Bappeda

7 Juli 2022 - 21:27 WIB

Ketua Komisi I DPRD Barsel Harapkan Dukcapil Lebih Efektif pada Pemilu Tahun 2023 Mendatang

7 Juli 2022 - 18:01 WIB

DPRD Barsel Minta Pemkab Perhatikan Penyaluran Dana CSR

6 Juli 2022 - 19:40 WIB

DPRD Barsel Kaji Ulang Tanggapan Pj Bupati Terkait Catatan Fraksi

5 Juli 2022 - 19:39 WIB

DPRD Barsel Setujui 4 Buah Raperda untuk di Bahas

28 Juni 2022 - 19:26 WIB

Trending di Barito Selatan