Menu

Mode Gelap
DPRD Barsel Sepakat Kepengurusan Dana Hibah Dikelola pada Dinas Bappeda Ketua Komisi I DPRD Barsel Harapkan Dukcapil Lebih Efektif pada Pemilu Tahun 2023 Mendatang Ingkar Janji, Pemkab HSU Berbalik Arah Tolak Eksekusi Putusan MA Pasar Alabio Jual BBM ke Wadah Jerigen, SPBU PT. Talenta Barito Jaya Disegel Pertamina Orang Ganguan Mental Diamankan Pol PP dan Damkar Kapuas

Kapuas · 27 Apr 2023 19:33 WIB ·

Cegah Bullying, Pemkab Kapuas Minta Masyarakat Laporkan ke Pihak Berwajib


 Cegah Bullying, Pemkab Kapuas Minta Masyarakat Laporkan ke Pihak Berwajib Perbesar

KAPUAS,Baritoinfo.com-Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3APP-KB) Kapuas melalui Kepala UPT PPA Meryanti melaksanakan sosialisasi untuk mencegah terjadinya bullying terhadap anak.

Kegiatan sosialisasi tentang bullying ini juga disampaikan lewat Radio Siaran Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas.

Meryanti menjelaskan ada tujuh hal yang bisa dilakukan untuk mencegah bullying, yaitu tunjukkan prestasi, jalin pertemanan dengan banyak orang, tumbuhkan rasa percaya diri, tidak terpancing untuk melawan.

“Jadikan bully-an sebagai penyemangat untuk sukses, jangan menunjukkan sikap takut atau sedih dan laporkan pada pihak yang berwenang,” katanya, Rabu, 18 Januari 2023.

Lebih lanjut ia menyampaikan dari aspek hukum, bullying diatur dalam pasal 80 ayat (1) Jo pasal 76C UU perlindungan anak dengan ancaman pidana enam bulan dan/atau denda paling banyak tujuh puluh dua juta rupiah dan pasal 345 Kitab Undang-undang Hukum Pidana.

“Saya mengimbau masyarakat apabila ada melihat atau mendengar informasi adanya bullying dan kekerasan terhadap anak bisa melaporkan langsung kepada UPT. PPA yang berada di Jalan Tambun Bungai Kuala,” imbuhnya.

Sebelumnya, ia juga menyampaikan definisi dari bullying adalah segala bentuk penindasan atau kekerasan yang dilakukan dengan sengaja oleh satu orang atau sekelompok orang yang lebih kuat atau berkuasa terhadap orang lain, dengan tujuan untuk menyakiti dan dilakukan secara terus menerus.

Beberapa jenis bullying antara lain, physical bullying dimana pelaku menggunakan tindakan fisik untuk menindas target yang dijadikan korban dengan contoh pelaku biasanya memiliki fisik yang lebih kuat dan bertindak lebih agresif daripada teman-temannya.

“Kemudian bullying verbal adalah suatu tindakan agresif dalam bentuk verbal atau ucapan yang dilakukan secara sengaja dan berulang dengan tujuan menguasai, menunjukan kekuatan, menyakiti meneror atau hanya untuk kesenangan semata,” pungkasnya.

Artikel ini telah dibaca 8 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

LASQI Nusantara Kabupaten Kapuas Gelar Festival Seni

22 Juni 2024 - 22:58 WIB

Pj Bupati Kapuas Hadiri Kegiatan Syukuran dan Silaturahmi dengan Para Guru PPPK di Kapuas Murung

20 Juni 2024 - 22:35 WIB

Pj Bupati Kapuas Ajak Masyarakat Cegah Kebakaran Rumah

20 Juni 2024 - 22:12 WIB

Soal Kebakaran di Desa Saka Tamiang, Pj Bupati Kapuas Sebut Akan Ada Bantuan 30 Juta Per Unit Rumah

20 Juni 2024 - 22:06 WIB

Pj Bupati Kapuas Tinjau Lokasi Kebakaran di Desa Saka Tamiang

20 Juni 2024 - 22:03 WIB

Pj Bupati Kapuas Saat Hari Jadi Desa Tumbang Mangkutup: Setiap Program Positif Desa Kita Dukung

13 Juni 2024 - 21:58 WIB

Trending di Kapuas