Menu

Mode Gelap
DPRD Barsel Sepakat Kepengurusan Dana Hibah Dikelola pada Dinas Bappeda Ketua Komisi I DPRD Barsel Harapkan Dukcapil Lebih Efektif pada Pemilu Tahun 2023 Mendatang Ingkar Janji, Pemkab HSU Berbalik Arah Tolak Eksekusi Putusan MA Pasar Alabio Jual BBM ke Wadah Jerigen, SPBU PT. Talenta Barito Jaya Disegel Pertamina Orang Ganguan Mental Diamankan Pol PP dan Damkar Kapuas

Kabar Daerah · 4 Feb 2022 15:47 WIB ·

Bupati Kapuas Hadiri Kegiatan Musrenbang di Kecamatan Selat


 Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat menyampaikan sambutan saat menghadiri kegiatan Musrenbang RKPD Kabupaten Kapuas tingkat kecamatan di Kecamatan Selat untuk anggaran tahun 2023. Perbesar

Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat menyampaikan sambutan saat menghadiri kegiatan Musrenbang RKPD Kabupaten Kapuas tingkat kecamatan di Kecamatan Selat untuk anggaran tahun 2023.

KUALA KAPUAS – Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat menghadiri secara langsung kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Kapuas Tingkat Kecamatan Selat untuk anggaran tahun 2023 di Aula Kecamatan Selat, Jumat (4/2/2022) pagi.

Adapun kegiatan tersebut, juga diikuti oleh Anggota DPR RI Dapil Kalteng Ary Egahni Ben Bahat, sejmlah anggota DPRD Kabupaten Kapuas dapil Kecamatan Selat, unsur tripika Kecamatan Selat, sejumlah Kepala Perangkat Daerah lingkup Kabupaten Kapuas maupun yang mewakili, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan warga Kecamatan Selat.

Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat dalam kesempatan tersebut berharap melalui forum musyawarah antar pemangku kepentingan yang membahas dan menyepakati Langkah penanganan program kegiatan prioritas ini dapat menghasilkan usulan-usulan yang sesuai dengan harapan masyarakat.

“Saya harapkan program yang diprioritaskan itu dapat berdampak baik bagi perkembangan Kecamatan Selat terkhususnya kota Kuala Kapuas,” ucap Ben Brahim.

Lebih lanjut, orang nomor satu di Kabupaten Kapuas itu pun mengungkapkan bahwa potensi besar yang dimiliki Kabupaten Kapuas dalam meningkatkan pendapatan asli daerah (pad) yaitu salah satunya adalah dari sektor destinasi wisata dan aktifnya Pelabuhan Batanjung. Ia mengatakan Kabupaten Kapuas khususnya kota Kuala Kapuas dinilai oleh sejumlah Menteri yang pernah berkunjung, kota Kuala Kapuas termasuk kota yang dianggap rapi dan bersih.

“Intinya adalah bagaimana kita mendatangkan orang luar agar ingin ke kota Kuala Kapuas, salah satunya adalah harus rapi dan bersih dan mungkin dengan membuat taman dengan dibangun outlet-outlet yang berdesain artistik untuk menjual oleh-oleh khas Kabupaten Kapuas,” ucap Ben.

Kemudian, Mantan Kepala Dinas PU Provinsi Kalteng itu juga berharap kepada masyarakat yang berjualan untuk tidak membangun lapaknya diatas trotoar/drainase. Sebab, menurutnya dengan terawatnya trotoar/drainase, tidak hanya fungsinya dapat mengalirkan air agar tidak banjir, juga dapat memperindah kota.

“Kita ingin merapikan kota ini, dan sekarang bagaimana Kabupaten Kapuas ini menjadi tempat orang beristirahat, menjadi kota yang sejuk dan indah, oleh karena itu diharapkan peran serta seluruh kepamangku kepentingan termasuk masyarakat ikut dalam menjaganya,” harap Ben.

Sementara itu, Anggota DPR RI Dapil Kalteng Ary Egahni Ben Brahim S Bahat mengatakan bahwa musrenbang ini merupakan salah satu jalan untuk kumpuk rembuk bersama-sama mengevaluasi program yang sudah dijalankan pada tahun 2021 dan nanti di tahun 2022 serta menjadi roadmap untuk pelaksanaan di tahun 2023.

“Dengan keminimalan dana yang dimiliki oleh pemerintah kabupaten Kapuas secara khusus, tetapi program yang diajukan setiap kecamatan yang begitu banyak, inilah sarana sebagai kumpuk rembuk untuk memfilter satu kegiatan yang tepat gun, tepat sasaran, efektif dan efisien untuk mencapai kesejahteraan maksimal,” terang Ary.

Lebih lanjut, Ary Egahni pun mengapresiasi kepada Bupati Kapuas dengan pemikiran-pemikiran yang cemerlang. Namun demikian, menurutnya jangan sampai berhenti hanya dengan pemikiran cemerlang saja, tentu yang paling penting juga bagaimana pemikiran yang cemerlang itu dapat dieksekusi dengan program kerja yang nyata sehingga dapat mewujud nyatakan Kabupaten Kapuas masyarakatnya sejahtera.

“Sebagai warga Kapuas, saya berharap bagaimana pemulihan ekonomi masyarakat tidak terhenti sampai disini saja, ini harus dikerjakan bersama-sama untuk memikirkan dalam merencanakan program,” tegas Ary.

Ditempat yang sama, Camat Selat Yaya Setiabudi dalam laporannya mengatakan bahwa rekapitulasi usulan-usulan yang sudah dipilah berjumlah 72 usulan dari 6 bidang rencana kegiatan prioritas dari gabungan seluruh kelurahan dan desa di Kecamatan Selat. Adapun, rincinyanya yaitu bidang infrastruktur berjumlah 35 usulan, bidang Pendidikan berjumlah 12 usulan, bidang Kesehatan berjumlah 1 usulan, bidang ekonomi dan pemberdayaan berjumlah 5 usulan, bidang administrasi pemerintahan berjumlah 16 usulan dan bidang lainnya berjumlah 3 usulan. (fen/tim)

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Pj Bupati Kapuas Ajak Perawat Sukseskan Upaya Pencegahan Stunting

11 Juni 2024 - 16:37 WIB

Pj Bupati Buka Rakerda Persatuan Perawat Nasional Kabupaten Kapuas

11 Juni 2024 - 16:28 WIB

Tingkatkan Budaya Baca, Pemkab Kapuas Serahkan Seratus Judul Buku untuk Anggota Pramuka di Kapuas Hulu

11 Juni 2024 - 06:18 WIB

Polda Kalteng Berhasil Tangani 14 Kasus Hoaks Selama 5 Bulan

31 Mei 2024 - 07:44 WIB

Pemkab Barsel Launching Bantuan Pangan Beras Tahun 2024

10 Mei 2024 - 16:42 WIB

Pj Bupati Barsel Hadiri Rapat Paripurna Ke-3 Masa Persidangan I Tahun Sidang 2024

7 Mei 2024 - 17:35 WIB

Trending di Kapuas