Menu

Mode Gelap
DPRD Barsel Sepakat Kepengurusan Dana Hibah Dikelola pada Dinas Bappeda Ketua Komisi I DPRD Barsel Harapkan Dukcapil Lebih Efektif pada Pemilu Tahun 2023 Mendatang Ingkar Janji, Pemkab HSU Berbalik Arah Tolak Eksekusi Putusan MA Pasar Alabio Jual BBM ke Wadah Jerigen, SPBU PT. Talenta Barito Jaya Disegel Pertamina Orang Ganguan Mental Diamankan Pol PP dan Damkar Kapuas

Barito Timur · 14 Sep 2021 07:54 WIB ·

Bupati Barito Timur Harapkan Pelaku UMKM Untuk Berinovasi saat Pandemi Covid-19


 Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas saat menyampaikan sambutannya pada acara pembukaan pentingnya berwirausaha di masa pandemi Covid-19 bagi pelaku UMKM. FOTO: (Dokumen Ist). Perbesar

Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas saat menyampaikan sambutannya pada acara pembukaan pentingnya berwirausaha di masa pandemi Covid-19 bagi pelaku UMKM. FOTO: (Dokumen Ist).

BARITO TIMUR – Bupati Barito Timur Provinsi Kalimantan Tengah, Ampera AY Mebas, mengharapkan para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Barito Timur tetap semangat menjalankan usaha dan terus berinovasi di tengah terpaan Pandemi Covid-19.

Harapan tersebut disampaikan Bupati dalam sambutannya pada acara pembukaan pentingnya berwirausaha di masa pandemi Covid-19 bagi pelaku UMKM di Kabupaten Barito Timur, di Lapangan Tenis Indoor Jalan Nansarunai, Tamiang Layang, Senin (13/9).

Ampera menjelaskan, dampak dari pandemi Covid-19 saat ini amat terasa di berbagai Negara begitu juga Indonesia, hampir seluruh Provinsi begitu juga Kabupaten mengalami perubahan yang cukup signifikan disebabkan wabah ini.

Kegiatan yang dihadiri oleh Kepala Bidang dan Kasi di lingkup Dinas Perdagangan, Koperasi dan pelaku UMKM di Kabupaten Barito Timur. FOTO: (Dokemen Ist).

 

Salah satu sektor yang paling terdampak, ujar Bupati Barito Timur, adalah rumahtangga, UMKM, Koperasi dan sektor keuangan. Oleh sebab itu Bupati Barito Timur berharap, pelaku usaha mampu bertahan agar aktivitas tetap normal, pasalnya kontribusi UMKM di Kabupaten Barito Timur sangatlah besar.

Menurutnya, diperkirakan banyak persoalan yang diakibatkan Covid-19, ini lantaran banyak pihak yang terlibat dan bergantung di sektor UMKM.

”Tentu masalah ini tidak bisa dibebankan pada Pemerintah saja, tapi perlu adanya kesadaran bersama semua pihak agar geliat perekonomian tetap bangkit kembali,” harap Ampera AY Mebas.

Bupati Barito Timur mengatakan, pandemi Covid-19 bukanlah alasan untuk tidak bersemangat membangun dan mempertahankan sebuah wirausaha yang sudah ada, justru sebaliknya menjadi tantangan untuk tetap bertahan dan selalu berinovasi dan berkreativitas sebaik mungkin.

“Caranya dengan memaksimalkan peluang yang sudah ada, dengan memanfaatkan ide kreatif sebagai solusi alternatif karena disaat pandemi inilah merupakan saat yang tepat untuk berwirausaha dan memiliki UMKM yang berkualitas di masa pandemi,” harap Ampera AY Mebas.

Di Akhir sambutan Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas berharap agar seluruh peserta pelatihan mengikuti kegiatan dengan baik, agar peserta bisa sukses sesuai yang diharapkan.

Kegiatan pelatihan bagi UMKM ini diselenggarakan oleh Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kabupaten Barito Timur. Jumlah peserta pelatihan 70 orang. Kegiatan dibagi kedalam dua kelompok, satu kelompok 35 orang.

Hadir dalam acara itu Kepala Bidang dan Kasi di lingkup Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kabupaten Barito Timur, perwakilan UMKM di Kabupaten Barito Timur dan Narasumber kegiatan yaitu Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas, Plt. Kepala Dinas Perdagangan ,Koperasi dan UMKM Kabupaten Barito Timur Kariato, SE dan Dosen Universitas Muhammadiyah Palangkaraya Putri Irianti Sintaman, SE, ME.(AF)

Artikel ini telah dibaca 6 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Polisi Musnahkan 489,57 gram Sabu dan Puluhan Butir Ineks

9 Maret 2022 - 08:43 WIB

Hasil study banding harusnya bisa diterapkan didaerah

10 Februari 2022 - 23:32 WIB

Setelah study banding ke Kalbar, ini rencana pemkab Bartim

10 Februari 2022 - 23:30 WIB

Wakil Bupati Bartim buka munrenbangcam Raren Batuah

10 Februari 2022 - 23:26 WIB

Demam Babi Afrika Mulai Muncul di Barito Timur

22 Januari 2022 - 17:43 WIB

Ilustrasi babi mati mendadadak akibat virus demam babi. (Foto: Antara)

Pedagang Pasar Toemenggung Djaya Karti Tamiang Layang Ditertibkan

11 Januari 2022 - 22:12 WIB

Trending di Barito Timur