Menu

Mode Gelap
DPRD Barsel Sepakat Kepengurusan Dana Hibah Dikelola pada Dinas Bappeda Ketua Komisi I DPRD Barsel Harapkan Dukcapil Lebih Efektif pada Pemilu Tahun 2023 Mendatang Ingkar Janji, Pemkab HSU Berbalik Arah Tolak Eksekusi Putusan MA Pasar Alabio Jual BBM ke Wadah Jerigen, SPBU PT. Talenta Barito Jaya Disegel Pertamina Orang Ganguan Mental Diamankan Pol PP dan Damkar Kapuas

Hukum-Kriminal · 3 Okt 2022 19:22 WIB ·

Belajar dari Internet, Pria di Lamandau Cetak dan Edarkan Uang Palsu


 SG saat dihadirkan dalam konferensi pers di Mapolres Lamandau. Perbesar

SG saat dihadirkan dalam konferensi pers di Mapolres Lamandau.

LAMANDAU-Seorang pria di Lamandau, Kalimantan Tengah diringkus polisi setempat karena nekat memproduksi dan mengedar uang palsu beberapa waktu lalu. Pria berinisial SG (28) mengedar uang palsu dengan modus transfer ke rekening sendiri melalui agen BRI.

Kapolres Lamandau AKBP Bronto Budiyono mengatakan penangkapan terhadap SG bermula adanya laporan masyarakat yang menjadi korban dari aksi tak terpuji dari pelaku.

“Awalnya laporan dari pemilik agen BRI Link Najwa Toys yang beralamatkan di Jalan Batu Batanggui Nanga Bulik menerima uang palsu dari seseorang yang menggunakan jasa transfer,” ujar Bronto, Senin (3/10).

Mendapatkan laporan tersebut, Satreiskrim Polres Lamandau lamgsung melaksanakan serangkaian kegiatan penyelidikan, salah satunya meminta pihak Bank BRI untuk melakukan blokir rekening.

“Berdasarkan rekaman CCTV dan informasi tujuan tranfer, Satreskrim bekerja sama dengan Polsek jajaran terus melakukan pengejaran,” ungkapnya.

Tepatnya, Senin 26 September 2022 sekitar pukul 09.00 WIB, personel Polsek sematu Jaya mengamankan satu orang laki laki di Bank BRI unit Menthobi Raya, saat akan membuka blokir regkening miliknya.

“Setelah dilakukan interogasi, orang tersebut mengaku bernama SG yang telah melakukan jasa tranfer uang palsu di bBRI Link Naswa Toys Jalan Batu Batanggui Nanga bulik. Selain itu, pelaku juga melakukan transfer di agen brilink Toko Imam di Desa Bukit Jaya, Kecamatan Bulik Timur Kabupaten Lamandau,” tambahnya.

Untuk mamastikan bahwa SG adalah pelakunya, Satreskrim Polres Lamandau bersama dengan Personel Polsek Sematu Jaya melakukan penggeledahan di rumah SG, menemukan pakaian korban saat melakukan trafer di  agen brilink najwa toys, uang palsu dan printer alat pencetak uang palsu.

Modus operandi pelaku mencetak dengan cara memfotocopy warna uang asli pecahan Rp.100 ribu dengan menggunakan kertas hvs dan mesin printer, setelah tercetak selanjutnya di potong kemudian pelaku mentransfer ke rekening miliknya melalui agen BRI Link dengan menyelipkan uang palsu tersebut kedalam uang asli pecahan Rp.100.000

Pelaku mengakui, inspirasi membuat dan mengedarkan uang palsu itu didapat dari internet.

Artikel ini telah dibaca 49 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Gubernur Kalteng Minta Beras Subsidi Jangan Ditimbun dan Main Harga

7 Februari 2023 - 05:56 WIB

Buka Praktek Pembesar Payudara Abal-abal, Waria di Palangka Raya Ditangkap

6 Februari 2023 - 18:49 WIB

Mantan Sekjen PSSI Nugraha Besoes Meninggal Dunia

6 Februari 2023 - 07:13 WIB

Mantan Sekjen PSSI Nugraha Besoes. (FOTO: Antara)

Rantai Peredaran Narkoba di Barito Utara Diputus Polisi, Sejumlah Pelaku Ditangkap

5 Februari 2023 - 18:04 WIB

Salah satu pelaku peredaran narkoba di Barito Utara saat ditangkap polisi. (FOTO: Dokumen Polres Barito Utara)

Dituduh Selingkuh oleh Istrinya, Pria di Kalteng Potong Alat Kelaminnya

5 Februari 2023 - 16:55 WIB

GR, pria yang potong kelamin sendiri saat dirawat di RSUD Lamandau. (FOTO: Dokumen Ist).

Titi Wati, Perempuan Obesitas dengan Berat Badan Ratusan Kg Meninggal Dunia di Palangka Raya

30 Januari 2023 - 15:14 WIB

Trending di Kalimantan Tengah