Menu

Mode Gelap
DPRD Barsel Sepakat Kepengurusan Dana Hibah Dikelola pada Dinas Bappeda Ketua Komisi I DPRD Barsel Harapkan Dukcapil Lebih Efektif pada Pemilu Tahun 2023 Mendatang Ingkar Janji, Pemkab HSU Berbalik Arah Tolak Eksekusi Putusan MA Pasar Alabio Jual BBM ke Wadah Jerigen, SPBU PT. Talenta Barito Jaya Disegel Pertamina Orang Ganguan Mental Diamankan Pol PP dan Damkar Kapuas

Kabar Daerah · 2 Jan 2022 21:05 WIB ·

Bangunan Pembuat Batako dan 3 Sepeda Motor di Sampit Hangus Terbakar


 Sejumlah warga saat berada di depan bangunan pembuatan batako yang terbakar. (FOTO_Ist) Perbesar

Sejumlah warga saat berada di depan bangunan pembuatan batako yang terbakar. (FOTO_Ist)

SAMPIT – Kebakaran di Desa Telaga Baru Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah, menghanguskan sebuah bangunan tempat usaha pembuatan batako dan sejumlah kendaraan di dalamnya.

“Kebakaran terjadi cukup cepat sehingga ada beberapa kendaraan yang juga ikut terbakar,” kata Husaini, warga setempat, Minggu.

Kebakaran terjadi sekitar pukul 11.00 WIB. Api terlihat berasal dari bagian belakang, kemudian menjalar dan menghanguskan sebagian besar bangunan yang terbuat dari kayu tersebut.

Api dengan cepat membesar dan membakar tempat usaha milik warga bernama Tasman (60) tersebut. Namun di tempat pembuatan batako itu juga terdapat bangunan yang dihuni oleh keluarga Kaspul Anwar.

Warga berupaya memadamkan api dengan peralatan seadanya namun api terus membesar.

Ukuran bangunan tanpa dinding namun cukup lebar itu membuat warga cukup kesulitan memadamkannya. Warga juga tidak berani masuk menyelamatkan barang berharga karena khawatir atap bangunan itu runtuh.

“Kebakaran itu baru diketahui ketika api sudah besar dan membakar sebagian atap bangunan itu. Bangunannya juga tinggi sehingga cukup menyulitkan untuk memadamkan api dengan peralatan seadanya. Setelah petugas pemadam kebakaran tiba, baru pemadaman bisa maksimal,” kata Rudi, warga lainnya.

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kotawaringin Timur menurunkan armada dengan personel sebanyak 30 orang. Setelah berupaya sekitar satu jam, api berhasil dipadamkan.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun disebutkan ada tiga sepeda motor dan satu mesin pembuatan batako ikut terbakar dalam musibah tersebut.

Sebagian batako yang sudah dicetak dan siap dipasarkan, juga terkena api. Namun diperkirakan sebagian batako tidak sampai rusak sehingga masih bisa dimanfaatkan.

Belum diketahui penyebab kebakaran itu. Namun saat kejadian, dikabarkan tidak ada aktivitas di tempat usaha pembuatan batako tersebut.

Sementara itu, saat ini Polsek Ketapang masih menyelidiki kejadian tersebut. Polisi meminta keterangan sejumlah warga dan pemilik tempat usaha untuk menelusuri penyebab kebakaran tersebut.

 

ANTARA

Artikel ini telah dibaca 34 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Penetapan KUA PPAS Tahun 2023 Dalam Rapat Paripurna DPRD Barsel

8 Agustus 2022 - 21:20 WIB

EMPAT POIN UTAMA PRAPERADILAN MARDANI H. MAMING, DARI TIADANYA KEWENANGAN KPK HINGGA KRIMINALISASI TRANSAKSI BISNIS

19 Juli 2022 - 20:58 WIB

Mardani Maming Lawan Kriminalisasi Via Pra Peradilan, KPK Tidak Siap dan Mangkir Sidang

12 Juli 2022 - 14:11 WIB

DPRD Barsel Sepakat Kepengurusan Dana Hibah Dikelola pada Dinas Bappeda

7 Juli 2022 - 21:27 WIB

Ketua Komisi I DPRD Barsel Harapkan Dukcapil Lebih Efektif pada Pemilu Tahun 2023 Mendatang

7 Juli 2022 - 18:01 WIB

DPRD Barsel Minta Pemkab Perhatikan Penyaluran Dana CSR

6 Juli 2022 - 19:40 WIB

Trending di Barito Selatan