Menu

Mode Gelap
DPRD Barsel Sepakat Kepengurusan Dana Hibah Dikelola pada Dinas Bappeda Ketua Komisi I DPRD Barsel Harapkan Dukcapil Lebih Efektif pada Pemilu Tahun 2023 Mendatang Ingkar Janji, Pemkab HSU Berbalik Arah Tolak Eksekusi Putusan MA Pasar Alabio Jual BBM ke Wadah Jerigen, SPBU PT. Talenta Barito Jaya Disegel Pertamina Orang Ganguan Mental Diamankan Pol PP dan Damkar Kapuas

Barito Timur · 31 Okt 2021 18:22 WIB ·

Antisipasi Lonjakan Corona, Pemkab Bartim Siapkan 15 Miliar


 Antisipasi Lonjakan Corona, Pemkab Bartim Siapkan 15 Miliar Perbesar

TAMIANG LAYANG – Pemerintah Kabupaten Barito Timur Kalimantan Tengah kembali mengalokasikan anggaran sebesar Rp15 miliar pada pos belanja tidak terduga (BTT) dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2021.

“Pada APBD murni BTT dialokasikan sebesar Rp 35 miliar dan pada perubahan ditambah Rp15 miliar, sehingga totalnya menjadi Rp50 miliar,” kata Bupati Barito Timur, Ampera AY Mebas di Tamiang Layang, Minggu.

Menurutnya, biaya penambahan anggaran pada pos anggaran biaya tidak terduga tersebut untuk biaya penanganan COVID-19. Biaya tersebut sudah disepakati eksekutif dan legislatif masuk dalam APBD Perubahan tahun anggaran 2021 dan sudah melalui proses evaluasi Gubernur Kalteng melalui Biro Hukum Setda Pemprov Kalteng.

Diungkapkan Ampera, penambahan atau pengalokasian biaya tidak terduga untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan COVID-19 yang akan terjadi pada gelombang ketiga nanti.

Gelombang ketiga lonjakan penularan COVID-19 ketiga dinilai rawan terjadi pada November dan Desember. Pemkab Bartim berupaya dengan maksimal dan serius untuk menghadapi pandemi COVID-19, termasuk mengantisipasi kemungkinan kembali melonjaknya penderita COVID-19.

“Dalam penanganan COVID-19 memang diperlukan dana yang cukup besar. Apabila itu tidak terjadi kita bersyukur, namun kita tetap mengantisipasi terjadinya lonjakan COVID-19,” kata orang nomor satu di Pemkab Barito Timur itu.

Ampera mengajak masyarakat memerangi lonjakan gelombang ketiga COVID-19 dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan dimaksud yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas.

Diharapkan warga juga mengikuti dan mengajak keluarga serta tetangga untuk ikut mensukseskan program vaksinasi yang terus dilaksanakan Pemkab Barito Timur.

“Dua hal yang penting, pertama protokol kesehatan dan kedua vaksinasi COVID-19. Dua hal ini upaya yang tepat untuk menghadapi gelombang ketiga COVID-19,” kata Ampera.

Hingga saat ini Pemkab Barito Timur terus memerangi COVID-19 dengan melaksanakan tes, pelacakan dan perawatan. Masyarakat diharapkan terus mendukung pemerintah dalam melawan pandemi COVID-19.

ANTARA

Artikel ini telah dibaca 15 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

PD IWO Bartim dan Komunitas NJ Serta Sejumlah Relawan Bagi 1200 Takjil

6 April 2024 - 22:56 WIB

DPC PDIP Barito Timur Daftarkan Bacaleg ke KPU

14 Mei 2023 - 16:56 WIB

Polisi Musnahkan 489,57 gram Sabu dan Puluhan Butir Ineks

9 Maret 2022 - 08:43 WIB

Hasil study banding harusnya bisa diterapkan didaerah

10 Februari 2022 - 23:32 WIB

Setelah study banding ke Kalbar, ini rencana pemkab Bartim

10 Februari 2022 - 23:30 WIB

Wakil Bupati Bartim buka munrenbangcam Raren Batuah

10 Februari 2022 - 23:26 WIB

Trending di Barito Timur